Mohon tunggu...
Tonny Syiariel
Tonny Syiariel Mohon Tunggu... Travel Management Consultant and Professional Tour Leader

Travel Management Consultant, Professional Tour Leader, Founder of ITLA

Selanjutnya

Tutup

Travel Artikel Utama

Euro 2020, Kota Tuan Rumah dan Destinasi Wisatanya

10 Juni 2021   08:39 Diperbarui: 12 Juni 2021   13:28 955 76 27 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Euro 2020, Kota Tuan Rumah dan Destinasi Wisatanya
Destinasi Wisata di Kota-kota Tuan Rumah Euro 2020. Sumber: koleksi pribadi

Euro 2020 sudah di depan mata. Salah satu perhelatan terbesar di pentas sepak bola ini sudah pasti menarik perhatian dunia. Apalagi semua tuan rumah penyelenggara telah memberikan sinyal kehadiran penonton di stadion. 

Kesebelas kota penyelenggara pun makin bersolek. Tidak hanya bersiap menyambut hadirnya penggemar sepak bola, tetapi juga wisatawan di kota masing-masing. 

Pagelaran "UEFA Euro 2020" atau sebut saja "Euro 2020" awalnya dijadwalkan berlangsung pada bulan Juni--Juli tahun lalu. Namun, situasi pandemi memaksa penyelenggaraan event akbar ini baru bisa dilaksanakan di tahun 2021 ini. Meskipun begitu, nama turnamen tetap menggunakan UEFA Euro 2020.

Selain itu, tidak seperti UEFA Euro 2016 dan turnamen sebelumnya yang biasanya diadakan di satu atau dua negara. Euro 2020 kini digelar di 11 kota di 11 negara berbeda. Hm, Anda bahkan bisa membentuk sebuah kesebelasan super yang terdiri dari 11 pemain dari 11 negara. Menarik, bukan? :)

Sepak bola memang memiliki magnet luar biasa. Inilah olahraga paling populer di muka bumi. Dan bagi kota-kota tuan rumah, perhelatan sebesar Euro 2020 adalah momen sempurna untuk juga mempromosikan semua destinasi wisatanya. 

Publikasi besar-besaran dari lapangan hijau jelas akan ikut mengangkat nama kota tempat event ini berlangsung.

Peta kota-kota tuan rumah Euro 2020. Sumber: www.thesun.ie
Peta kota-kota tuan rumah Euro 2020. Sumber: www.thesun.ie
Tidak hanya itu. Kehadiran penonton di stadion sudah pasti memberikan atmosfer berbeda dan dampak signifikan. Setidaknya, setiap kota tuan rumah tentunya berharap para pendukung setiap tim tidak hanya hadir di stadion. Namun, juga menginap di hotel, makan-minum di restoran, kafe atau bar. Dan boleh jadi lanjut berwisata di kota tersebut.

Seperti dilansir situs "uefa.com", kesebelas kota yang telah ditunjuk sudah bersiap menyambut kembali kehadiran penonton di setiap stadion. Disesuaikan dengan aturan protokol kesehatan yang diterapkan di masing-masing kota. 

London, misalnya, akan mengisi sekitar 25% dari kapasitas Wembley Stadium. Sedangkan Budapest konon berani mengisi 100% kapasitas stadion Puskas Arena.

Wembley akan mengisi 25% kapasitas tempat duduknya. Sumber: Jbmg40 / wikimedia
Wembley akan mengisi 25% kapasitas tempat duduknya. Sumber: Jbmg40 / wikimedia

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x