Mohon tunggu...
Tonny Syiariel
Tonny Syiariel Mohon Tunggu... Travel Management Consultant and Professional Tour Leader

Travel Management Consultant, Professional Tour Leader, Founder of ITLA

Selanjutnya

Tutup

Travel Artikel Utama

Menikmati Pesona Kota Paris dari Sungai Seine

25 Januari 2021   17:56 Diperbarui: 25 Januari 2021   22:10 556 91 35 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menikmati Pesona Kota Paris dari Sungai Seine
Seine River Cruise - Paris. Sumber: koleksi pribadi

Sebutlah deretan sungai terkenal yang melewati berbagai kota besar nan indah  di Eropa. Mulai dari Thames di London, Douro di Porto, Danube di Budapest, hingga Vltava di Praha. Semuanya indah memesona. Tetapi, yakinlah, tidak ada yang mampu menandingi pesona  Sungai Seine di Paris!

"Eyewitness Travel Guide - Paris" bahkan memastikan, "Tidak ada satupun kota di Eropa yang dapat mendeskripsikan dirinya sendiri lewat sungainya, sebaik Paris dengan Sungai Seine-nya"

Sungai Seine, yang berasal dari wilayah Burgundy dan berujung di Selat Inggris, bukan sekedar penghias kota Paris. Namun, sungai yang mengalir persis di tengah kota Paris ini juga berperan sangat penting bagi kehidupan keseharian warga ibukota Prancis ini.

Coba kita lihat sekilas makna Seine bagi Paris. Seine menjadi patokan pengukuran jarak. Nomor-nomor jalan ditentukan dari Seine. Zero Point atau Titik Nol pun berada di Ile de la Cite, sebuah pulau kecil di tengah sungai Seine.

Tidak itu saja, sungai ini masih menyuplai setengah kebutuhan air yang digunakan di kota Paris. Seine juga yang membagi ibukota Prancis ini menjadi dua bagian yang berbeda.

Ada bagian yang disebut 'Right Bank' atau tepi kanan sungai, yakni di bagian utara Seine. Dan ada juga yang dinamai 'Left Bank' atau tepi kiri sungai, yakni di bagian selatan Seine.

Right Bank adalah kawasan industri kecil, toko-toko modis, gedung perkantoran dan juga banyak obyek wisata ternama. Sedangkan Left Bank lebih disukai sebagai tempat para seniman dan cendekiawan. Di sisi ini juga kita temukan Latin Quarter, sebuah kawasan yang sangat terkenal sebagai pusat pendidikan sejak abad ke-12.

Sungai Seine dan jembatan-jembatannya difoto dari atas Eiffel. Sumber: koleksi pribadi
Sungai Seine dan jembatan-jembatannya difoto dari atas Eiffel. Sumber: koleksi pribadi
Dan tidak kalah menariknya, dari sungai Seine pula, kita praktis bisa melihat sebagian besar bangunan penting di kota yang dijuluki "City of Light" ini. Puluhan obyek wisata populer di Paris seakan berderet di sepanjang sungai Seine. Mulai dari museum terkenal, gereja ternama, dan lain-lain, bisa dinikmati dari sungai Seine. Dan jangan lupa, puluhan jembatannya yang cantik!

Selain itu, Seine tentu saja jauh dari sepi. Dalam kondisi normal tanpa pandemi, sungai ini selalu sibuk dengan kapal-kapal turis yang lalu lalang setiap hari di sepanjang tahun. Dan salah satu cara terbaik untuk menikmati keindahan Paris secara berbeda adalah mengikuti wisata sungai Seine. 

Wisata sungai Seine dilayani berbagai jenis kapal turis. Di antaranya Bateaux-Mouches, Batobus, Bateaux Parisien, dan lain-lain. Setiap kapal menawarkan aneka paket Seine River Cruise sepanjang hari dengan tarif variatif. Dari 'sightseeing river cruise' alias pesiar saja yang relatif murah, sampai paket 'dinner cruise' atau termasuk makan malam yang mahal.

Suasana tepi sungai Seine dan Bateaux Mouches. Sumber: koleksi pribadi
Suasana tepi sungai Seine dan Bateaux Mouches. Sumber: koleksi pribadi
Namun, bagi kebanyakan turis, "Sighsteeing River Cruise" adalah opsi yang paling menarik. Dan pilihan kapal pun sudah bisa diduga. Tidak lain adalah kapal Bateaux-Mouche yang legendaris.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN