Mohon tunggu...
Tonny Syiariel
Tonny Syiariel Mohon Tunggu... Travel Management Consultant and Professional Tour Leader

Travel Management Consultant, Professional Tour Leader, Founder of ITLA

Selanjutnya

Tutup

Travel Artikel Utama

Negara Mini Monaco, Destinasi Favorit Pesohor Dunia

17 September 2020   09:55 Diperbarui: 19 September 2020   17:32 847 75 32 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Negara Mini Monaco, Destinasi Favorit Pesohor Dunia
Port Hercules, Monaco (Sumber: Koleksi pribadi)

Perjalanan ke belahan selatan Prancis tidak akan pernah lengkap tanpa singgah di Monaco. Singgah memang kosa kata paling tepat! Pasalnya, baik penulis maupun sebagian besar grup turis yang ke Monaco, memang hanya singgah di negara mini yang super-duper mahal ini. Nginapnya di kota lain.

Ini negara selebritas, bung! Segalanya serba mahal di negara yang dikenal sebagai tax haven ini. Dari hotel, butik, kafe, sampai mobil yang berseliweran pun semuanya serba mahal! Tarif hotel-hotel di Monte Carlo bisa membuat turis dengan budget terbatas mundur teratur.

Sekali lagi, ini Monaco! Berbeda dengan kota-kota lain di sepanjang Riviera Prancis, Monaco terlihat sangat elegan dan glamour. Gaya hidup di sini bak dalam cerita telenovela ala Hollywood -- shopping, clubbing, yachting dan gambling!

Monaco, yang resminya disebut Principality of Monaco, adalah sebuah negara kerajaan yang berdaulat di Eropa Barat. Sistem pemerintahan yang dianut adalah Monarki-Konstitusional dengan Pangeran Albert II sebagai Kepala Pemerintahan.

Di tangan Keluarga Grimaldi, yang telah memerintah Monaco sejak 1297, negara mini ini menjadi sangat terkenal di Eropa, bahkan di dunia. Meskipun berdaulat, masalah keamanan sepenuhnya berada di bawah tanggung jawab Perancis.

Aerial view of Monaco (Sumber: Koleksi pribadi)
Aerial view of Monaco (Sumber: Koleksi pribadi)
Negara Monaco terletak di Cote d'Azur, pesisir utara Laut Mediteranean, dan berbatasan dengan negara Prancis di tiga sisi lainnya. 

Dengan luas hanya 2,1 km persegi dan populasi sekitar 38.300 jiwa, maka Monaco dikenal sebagai negara berdaulat terkecil kedua di dunia setelah Vatican.

Monaco juga sangat sering disebut sebagai tax haven, karena negara ini tidak menerapkan pajak pendapatan ke warganya. Maka tidaklah mengejutkan ketika sejumlah besar warga sangat kaya Eropa pun lebih memilih domisili di Monaco.

Para warga kelas atas ini termasuk para selebritas dunia. Di antaranya, bintang film, petenis top, hingga para pembalap Formula One. Novak Djokovic, Caroline Wozniacki, Nico Rosberg dan Lewis Hamilton adalah beberapa pesohor yang kini tinggal di Monaco.

Memasuki kota ini, mata kita segera terpukau oleh berbagai mobil mewah yang berseliweran seperti BMW Convertible, Bentley, Porche, Jaguar, McLaren, Lamborghini, dan lain-lain. 

Kilauan mobil-mobil super mahal itu seakan bersaing dengan ratusan yacht mewah yang diparkir rapi di Port Hercules dan Port de Fontvieille.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN