Mohon tunggu...
Tonny E. Nubatonis
Tonny E. Nubatonis Mohon Tunggu... Menulis

"Menulis, menulis dan menulis untuk mengabadikan suara hati dan buah pikiran melalui TULISAN". Email : tonnyeliaser@gmail.com_ WA/HP : 082247942122_ Facebook : Tonny E. N

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Menjadi Penulis Biasa Itu Mudah, Tetapi Menjadi Penulis yang Baik Itu Susah

25 Januari 2019   16:44 Diperbarui: 25 Januari 2019   17:34 66 5 3 Mohon Tunggu...
Menjadi Penulis Biasa Itu Mudah, Tetapi Menjadi Penulis yang Baik Itu Susah
Menulis (ellenconny.com)

"Bro, jadi penulis tu susah ko?", tanya salah seorang teman akrab saya. "Gampang sa, hanya tulis apa yang mau lu tulis setiap saat. sudah, selesai. Lu su jadi penulis", jawab saya.

Menjadi seorang penulis bagi saya sederhananya seperti itu. Hanya menuangkan saja isi hati atau buah pikiran dalam tulisan dan dijadikan sebagai rutinitas. Itu saja, tidak ada yang sulit.  

Lalu kenapa hampir sebagian besar teman saya menganggap menjadi penulis itu susah? Saya kadang agak bingung.

Tapi jika dilihat kembali, menurut saya yang salah itu dari pertanyaannya. Jika pertanyaan ialah apakah jadi seorang penulis itu susah? Maka jawabannya sederhana seperti di atas.

Mengapa jawabannya demikian? Karena yang saya pahami, semua orang yang sedang menuntut ilmu di bangku pendidikan, bagi saya adalah seorang penulis. Bahkan anak tingkat sekolah dasar sudah dibiasakan untuk menulis.

Hal itu dilihat dari aktifitas setiap hari di sekolah, misalnya ketika mencatat materi pelajaran, mencatat tugas, menulis cerita, dan lainnya, saat itulah mereka sedang menulis secara rutin sehingga otomatis mereka juga layak disebut penulis.

Jadi, itu adalah jawabannya jika pertanyaannya apakah menjadi penulis itu susah?

Jawaban yang berbeda jika pertanyaannya seperti ini, apakah menjadi penulis yang baik itu susah? Jawabannya sudah tentu "susah". Mengapa, karena seseorang dikatakan penulis yang baik apabila ia menghasilkan karya tulisan yang baik pula. Untuk mencapai hal tersebut pun membutuhkan proses yang besar dimana dibutuhkan konsistensi untuk terus belajar dan menulis dengan tekun.

Dan itulah yang menjadi pengalaman saya.

Menghasilkan sebuah tulisan memang mudah sejak dulu, bahkan kadang jika mau dibilang, saya sudah layak disebut seorang penulis. Walau pun nyatanya baru hanya sebatas penulis biasa-biasa saja dengan tulisan yang biasa pula, belum terlalu baik kualitasnya.

Sebagai seorang yang ingin belajar, saya tentu ingin meningkatkan kemampuan menulis agar ada peningkatan kualitas dari tulisan yang biasa menjadi tulisan yang baik, dan juga dari seorang penulis biasa menjadi penulis yang baik pula tentunya. Semuanya itu tentu bukan hal yang mudah. Dibutuhkan tekad, disiplin dan kerja keras.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN