Mohon tunggu...
Tonny E. Nubatonis
Tonny E. Nubatonis Mohon Tunggu... Menulis

"Menulis, menulis dan menulis untuk mengabadikan suara hati dan buah pikiran melalui TULISAN". Email : tonnyeliaser@gmail.com_ WA/HP : 082247942122_ Facebook : Tonny E. N

Selanjutnya

Tutup

Transportasi Pilihan

Kendaraan Aman, Berkendara pun Lebih Nyaman

24 Juli 2018   19:57 Diperbarui: 24 Juli 2018   20:09 0 1 1 Mohon Tunggu...
Kendaraan Aman, Berkendara pun Lebih Nyaman
Dokpri

Kuda bermesin yamaha beroda dua, berwarna merah hitam yang awalnya kurang nyaman dikendarai pemiliknya,  apalagi oleh orang lain, kini sudah lebih nyaman, aman dan tidak ada kendala lagi jika dikendarai siapa saja.

Sepeda motor bermerek jupiter mx milik seorang mahasiwa bernama Toni ini sudah cukup relatif lama dimilikinya kurang lebih satu tahun sejak setelah dibelinya dengan kondisi bekas dari salah seorang rekannya.

Sepeda motor dengan mesin 135 cc ini memang dalam keadaan baik sejak awal dibeli. Namun setelah dipakai sebagai alat transportasi pribadi demi menunjang kegiatan perkuliahan dan kepentingan lainnya selama lebih dari satu tahun, akhirnya sudah mulai menuai beberapa gangguan.

Rem belakang yang kurang normal alias "blong", yang mana ketika berkendara, harus lebih mengandalkan rem cakram depan yang juga agak sedikit kurang normal dibandingkan dengan rem cakram sepeda motor pada umumnya.

Bukan hanya itu saja, "Laher" di ban bagian belakang pun sudah rusak sehingga ban belakang akan goyang, dimana tidak akan nyaman jika dipaksakan atau dibiarkan berkendara secara terus menerus. Bahkan, fatalnya adalah akan sangat berbahaya bagi pengendara ketika berkendara dengan kepecepatan tinggi yang mana akan mengakibatkan kecelakaan. Apalagi ketika berkendara melewati tikungan, keseimbangan akan sulit dikontrol.

Sumber : RiderTua.com
Sumber : RiderTua.com
Masalah pada kendaraan milik Toni tersebut akhirnya bisa segera diperbaikinya karena ia tidak ingin terjadi hal-hal yang fatal menimpa dirinya maupun orang lain yang memakai kendaraaanya.

Contoh gangguan pada kendaraan sepeda motor seperti yang telah diceritakan pada kasus di atas, memang masih bisa diantisipasi oleh siapa pun yang mengendarainya, yaitu dengan cara berkendara dengan kecepatan rendah dan lebih berhati-hati, demi mencegah terjadinya kecelakaan maupun masalah-masalah lain yang tidak diinginkan.

Namun, akan sangat berbahaya bagi orang lain (sahabat, keluarga, dll) yang meminjam kendaraan yang bermasalah tersebut, apalagi jika sang peminjam tidak mengetahui masalah pada kendaraan yang dipinjamnya.

Sang peminjam kadang akan berkendara semaunya sehingga kemungkinan terjadinya kecelakaan akan semakin besar. Hal ini tidak hanya merugikan sang pemilik kendaraan tapi juga merugikan diri sang peminjam yang mengendarai sepeda motor yang dipinjamnya.

Demi mencegah hal tersebut, alangkah lebih baiknya jika kerusakan atau gangguan-gangguan kecil maupun besar pada sepeda motor harus segera diberikan solusi yang tepat, yaitu diperbaiki sehingga akan lebih nyaman dan aman dipakai siapa saja dalam berkendara.

Kendaraan yang aman dan nyaman tanpa masalah dan gangguan, tidak perlu ada rasa kuatir ketika sang pemilik kendaraan akan meminjamkan sepeda motor miliknya kepada orang lain yang sedang membutuhkan. sang pemilik kendaraan bermotor tidak perlu banyak menjelaskan aturan-aturan khusus ketika mengendarai sepeda motor miliknya untuk menghindari masalah lainnya. Sang pemilik sepeda motor pun tidak harus memberi banyak alasan-alasan untuk tidak meminjamkan kendaraannya kepada sang peminjam, sehingga ia tidak dicap sebagai orang yang "egois" atau "kikir".

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2