Mohon tunggu...
Thomas Jan Bernadus
Thomas Jan Bernadus Mohon Tunggu... A Freelance Blogger

blogger free lance

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Ada Instalasi "Jaring Ikan" di Festival Pesona Selat Lembeh 2019

7 Oktober 2019   19:52 Diperbarui: 7 Oktober 2019   19:53 37 3 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ada Instalasi "Jaring Ikan" di Festival Pesona Selat Lembeh 2019
dokumentasi pribadi

Sebuah Festival, kembali hadir di Provinsi Sulawesi Utara. Kali ini berlokasi di Kota Bitung, yang merupakan Kota Pelabuhan Utama di Provinsi paling utara ini. Namanya adalah Festival Pesona Selat Lembeh. 

Tapi yang namanya festival, tentunya memikiki keunikannya masing-masing. Tidak terkecuali Festival Pesona Selat Lembeh ini. Apa yang membuatnya unik?

Sebelum bercerita soal event, saya mau cerita sedikit mengenai Bitung dan Festival ini. Saya ini merupakan lulusan sebuah SMA yang berada di Kota Bitung Sulawesi Utara. Jadi, Bitung ini sudah akrab bagi saya.

Yang ke-2 adalah, saya diajak oleh Ketua Panitia Festival Pesona Selat Lembeh ini karena saya kerap menulis mengenai pariwisata di Indonesia. Jadi, ada kesempatan lah saya ke Bitung. Sekalian Pulang Kampung, sekalian datang ke event untuk blogging.

Oke, mari kita kembali ke Festival Pesona Selat Lembeh. 

Festival Pesona Selat Lembeh ini sebenarnya berlangsung dari 2-10 Oktober 2019. Tapi acara openingnya pada 7 Oktober 2019. Sebelumnya ada event pendukung seperti Bitung Yoga Festival, Bitung 10K, Bitung Lautan Trail Adventure dan Bitung Thanks Giving.

Venue Utama dari Event ini berada di Satrol Lantamal VIII, yang berada di Kota Bitung. DI venue utama inilah ada yang unik. Yang unik tersebut adalah instalasi seni yang berada di jalan memasuki ke Kompleks Satrol.

Di jalan ini, dipasang instalasi seni berupa botol plastik bekas air mineral dan miniatur ikan cakalang. Instalasi ini digantung di sepanjang jalan kurang lebih 50an meter. Jaring ikan digantungkan botol air mineral dan miniatur ikan. Namanya adalah Instalasi Jaring Ikan.

Apa maksudnya?

Ketua Panitia Festival Pesona Selat Lembeh, Andre "Opa" Sumual menceritakan, penyelenggara event ingin memberikan gambaran kepada masyarakat yang berjalan di bawah instalasi tersebut seakan-akan berada di dalam laut yang penuh dengan sampah plastik.

Plastik ini memang menjadi masalah besar di laut, karena plastik tidak bisa terurai. Kalaupun terurai membutuhkan waktu ratusan tahun. Dengan instalasi inilah diberikan kesan bahayanya plastik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN