Mohon tunggu...
Thomas Jan Bernadus
Thomas Jan Bernadus Mohon Tunggu... Penulis - A Freelance Blogger

blogger free lance

Selanjutnya

Tutup

Travel Story

Ngopi di Warkop Haji Anto 2 Kendari, Tempat Jokowi Ngopi

3 Maret 2019   14:13 Diperbarui: 3 Maret 2019   15:13 229
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dalam kunjungan ke beberapa daerah, dan bukan hanya ke daerah saja, Presiden Joko Widodo gemar sekali untuk mampir ke tempat ngopi. Sebut saja kopi Tuku, dan beberapa warung kopi di daerah. Dalam kesempatan ngopi tersebut, hadir juga anak muda atau yang sering disebut dengan millennials.

Sewaktu berkunjung ke Ibu Kota Provinsi Sulawesi Tenggara, Presiden Joko Widodo (selanjutnya saya sebut dengan Presiden Jokowi) menyempatkan diri untuk ngopi dengan Millennials di sebuah warung kopi yang termasuk top di Kendari. 

Ketika saya berada di Kendari, di waktu yang bersamaan dengan Presiden Jokowi, saya sempat menuju ke tempat ngopi Presiden Jokowi ini. Tapi, karena sudah penuh dengan millennials, saya makan di tempat makan ikan bakar yang bersebelahan dengan lokasi tempat ngopi ini.

Nama tempat ngopi ini adalah Warung Kopi Haji Anto 2. 

Keesokan harinya, saya (dan teman saya) pun ingin mencicipi kopi di warung Kopi Haji Anto 2 ini. Sebenarnya ada beberapa Warung Kopi Haji Anto. Tempat ini yang ke-2. Saya dan teman memilih untuk ngopi di sini biar sekalian melihat tempat yang dikunjungi Presiden Jokowi.

Sampai di depan Warkop Haji Anto 2 ini, ternyata benar-benar tradisional. Bukan tempat kopi modern seperti cafe-cafe yang menyajikan kopi. Dan yang uniknya lagi, di bagian depan, sudah ada spanduk bertuliskan yang mau menjadi Gubernur, Walikota, Bupati, Anggota DPR minum Kopi Haji Anto 2. Rupanya tempat ngopi para pejabat.

Dokpri
Dokpri
Masuk ke dalam, nuansanya memang benar-benar tradisional. Meja dan kursi belum semodern yang di cafe-cafe kopi yang modern. Di sebuah dinding, dipajang foto-foto pejabat yang minum kopi di Haji Anto 2 ini.

Dokpri
Dokpri
Pantasan saja Presiden Jokowi ngopi di sini.

Minuman disajikan juga bukan kopi dengan segala macam penyajiannya atau pengolahannya seperti Latte, Frapucino, Espresso. Masih khas Indonesia. Kopi hitam dan kopi susu. Ada juga minuman lainnya seperti STMJ, Susu dan juga teh hangat dan es teh. Masih benar-benar tradisional.

Dokpri
Dokpri
Kudapan juga bukanlah french fries. Tapi seperti pisang Peppe, Pisang Goreng yang disajikan dengan sambal khas. Makanan berat yang tersedia adalah nasi goreng. Makanan yang benar-benar sangat Indonesia.

Dokpri
Dokpri
Dokpri
Dokpri
Kopi susu yang saya pesan, memiliki cita rasa enak. Tapi yang berkesan bagi saya dalah pisang goreng, yang seperti digeprek dan disajikan dengan sambal. Seperti di kampung halaman saya di Manado dan Minahasa di mana pisang disantap dengan sambal.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun