Mohon tunggu...
Thomas Jan Bernadus
Thomas Jan Bernadus Mohon Tunggu... A Freelance Blogger

blogger free lance

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Wirausaha Muda Mandiri, Sebuah Komitmen untuk Mencetak Wirausaha Muda

20 September 2018   10:04 Diperbarui: 20 September 2018   10:34 0 0 0 Mohon Tunggu...
Wirausaha Muda Mandiri, Sebuah Komitmen untuk Mencetak Wirausaha Muda
salah satu pelaku wirausaha muda dari WMM (dokpri)

Dunia wirausaha, atau entrepreneur, saat ini tengah menghangat. Kehadiran e-commerce dengan market place yang begitu banyak, ditopang dengan jaringan internet yang makin baik, membuat orang banyak yang terjun ke dunia wirausaha.

Dunia wira usaha belakangan ini juga, bukan hanya menjadi milik masyarakat yang bisa dikatakan sudah tua, yang beralih dari pekerja kantor menjadi pelaku wirausaha, ataupun menjadi wirausaha sekaligus menjadi karyawan. Kalangan wirausaha ini datang dari anak muda, baik yang sudah lulus kuliah, mapun sedang berkuliah.

Bukan hanya mahasiswa saja, banyak pelajar yang sudah menjadi wirausaha. 

Wirausaha itu apa sih sebenarnya? Menurut penelusuran yang saya lakukan, wirausaha adalah seorang yang berani berusaha secara mandiri dengan mengerahkan segala sumber daya dan upaya meliputi kepandaian mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya untuk menghasilkan sesuatu yang bernilai lebih tinggi.

Merujuk definisi di atas, generasi muda sekarang memiliki berbagai sumberdaya. Untuk permodalan, banyak akses ke permodalan dengan berbagai kemudahan. Aplikasi fintech menawarkan pinjaman untuk mendapatkan modal. Di era digital seperti sekarang ini, kita membuat kemasan produk juga sangat mudah.

Semisal, kita ingin membuat produk minuman jus, botol bisa dibeli yang polos dan kita mencetak sticker secara digital, jadilah kemasan produk yang menarik. Menjual produk juga kini tak harus memiliki toko dengan biaya operasional yang mahal.

Melalui media sosial seperti instagram, facebook, hingga whatsapp bisa digunakan untuk menjual. Jaringan sosial kita juga bisa kita manfaatkan. Kita pasti akan menjual duluan kepada keluarga atau teman kita bukan?

Untuk mendukung dunia wirausaha yang terus berkembang dan berinovasi ini, salah satu Bank Plat Merah atau Bank Milik Pemerintah, Bank Mandiri menghadirkan yang namanya Wirausaha Muda Mandiri. Wah... wah ... wah.... Kalau mendengar namanya, Wirausaha Muda Mandiri ini sudah pasti akan mengandeng anak muda ya. 

Ketika saya datang ke sebuah event di Pasar Santa, Jakarta Selatan, bulan Agustus lalu, saya sempat bertemu dengan dua pelaku wirausaha yang dicetak oleh Wirausaha Mandiri. Sebenarnya ada banyak, tapi dua pelaku usaha ini yang benar-benar saya ajak berbincang. Dua pelaku wirausaha ini adalah The Warna dan Kopi dari Jember.

Mereka ini bukan hanya setahun atau dua tahun terjun ke dunia wirausaha. Mereka ini sudah menjadi bagian dari Wirausaha Muda Mandiri lebih dari dua tahun. 

6-9  September lalu, di kota sejuk penghasil apel, Malang, Wirausaha Muda Mandiri (WMM) menggelar WMM Expo di salah satu mall. Di perhelatan ini, 90 produk lokal tampil. Mereka ini merupakan finalis dan alumnus dari WMM. Ada juga yang merupakan bagian dari Rumah Kreatif BUMN.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
KONTEN MENARIK LAINNYA
x