Thomas Jan Bernadus
Thomas Jan Bernadus blogger di bacirita.id dan tommi.id

blogger free lance

Selanjutnya

Tutup

Regional Pilihan

Sarana Bermain Anak di RPTRA Kampung Indah Lestari yang Berbeda

7 Januari 2018   13:00 Diperbarui: 7 Januari 2018   13:03 1617 0 0
Sarana Bermain Anak di RPTRA Kampung Indah Lestari yang Berbeda
Arsip Pribadi

Sudah lama juga saya tidak menulis tentang fasilitas publik yang mulai dibangun di era Gubernur DKI, Basuki T. Purnama, atau Ahok, yang bernama Ruang Publik Terpadu Ramah Anak atau RPTRA.

Mungkin sudah lebih dari enam bulan saya tidak menulis tentang RPTRA. Padahal, dari sekian banyak jenis fasilitas publik, RPTRA ini merupakan fasilitas publik yang saya sangat sukai.

Sebenarnya, saya sudah beberapa kali mampir ke RPTRA. Tapi berhubung fasilitas yang ada di RPTRA cenderung sama, akhirnya saya jarang menuliskannya.

Sampai pada akhirnya, sebuah ajakan liputan tasyakuran atau syukuran telah diresmikannya sebuah RPTRA di RW 07, Kelurahan Sunter Agung datang. Namanya RPTRA Kampung Indah Lestari Saya yang sudah agak lama tidak mampir ke RPTRA yang masih baru, akhirnya datang juga.

Ketika saya sampai di RPTRA, sudah banyak persiapan acara. Tenda sudah berdiri, ada pengisi acara dan berbagai hal lainnya. Sulit bagi saya untuk mengambil foto mengenai fasilitas RPTRA tersebut.

Tapi, akhirnya saya melihat sarana permainan anak yang terletak di bagian depan. Wah sangat berbeda dengan beberapa RPTRA yang saya kunjungi. Yang pertama saya lihat adalah kuda-kudaan di RPTRA Kampung Indah Lestari ini. Kuda-kudaan ini baru saya temui di RPTRA Kampung Indah Lestari ini.

Arsip Pribadi
Arsip Pribadi
 
Arsip Pribadi
Arsip Pribadi
Begitu penampakannya. Ada semacam pegas yang menopang kuda-kudaan ini sehingga anak yang bermain di fasilitas ini bisa bergoyang-goyang.

Fasilitas permainan anak lainnya yang saya temui adalah jungkat jangkit. Kalau jungkat jangkit di RPTRA lainnya itu seperti timbangan, tapi jungkat jangkit di RPTRA Kampung Indah Lestari ini ada pegasnya. Seperti kuda-kudaan tadi. Tapi pegasnya ada dua.

Arsip Pribadi
Arsip Pribadi
 
Arsip Pribadi
Arsip Pribadi
Lucu kan? Benar-benar berbeda.

Sarana permainan anak di RPTRA ini juga ada yang berupa tangga dan perosotan. Ini juga berbeda dengan RPTRA lainnya. Kalau di RPTRA lainnya ada yang terbuat dari kayu dan besi, di sini perosotannya dari plastik.

Seperti ini penampakannya :

Arsip Pribadi
Arsip Pribadi
 
Arsip Pribadi
Arsip Pribadi
Sarana permainan anak yang lain atau yang terakhir yang ada di RPTRA ini dan umumnya ada di RPTRA lainnya adalah ayunan. Tapi, ayunan di sini berbeda. Tempat duduknya terbuat dari karet. Jadi lebih nyaman buat anak-anak.

Ada dua ayunan yang menyatu. Dan yang satu lagi bisa untuk bayi. Sambil dijagain orang tuanya.

Arsip Pribadi
Arsip Pribadi
 
Arsip Pribadi
Arsip Pribadi
 
Arsip Pribadi
Arsip Pribadi
Keren bukan? Permainan anak-anak di sini terasa semakin aman dan nyaman untuk anak-anak.

Dan yang paling utama adalah alas dari sarana bermain anak-anak ini. Di RPTRA lain yang saya temui, biasanya sarana bermain anak-anak alasnya terbuat atau berbahan pasir. Ada juga yang berupa konblok.

Tapi di RPTRA Kampung Indah Lestari ini, berupa karpet dari semacam fiber atau plastik. Kalau Anda pernah berkunjung ke RPTRA Kalijodo, bahannya sama persis. Karena berbentuk karpet, anak-anak yang bermain, harus melepas alas kaki.

Tidak perlu khawatir bahwa kaki anak-anak akan terluka. Karpet ini bahannya sangat halus dan menyerap air. Jadi ketika hujan, tidak akan licin. Semoga untuk pembangunan RPTRA, akan semakin banyak di Jakarta ini meski sudah berganti tampuk kepemimpinan.

Pak RW 07 Kelurahan Sunter Agung, Badwi mengatakan, RPTRA ini sudah menjadi kebutuhan warga. Dia sangat senang akan kehadiran RPTRA ini. Walikota Jakarta Utara, Drs. Husein Murad, M.Si, yang hadir di tasyakuran RPTRA ini juga sempat meminta warga agar ikut merawat RPTRA.

Semoga ya warga mau merawat RPTRA ini.

Tulisan ini bisa juga dibaca di bacirita.id