Mohon tunggu...
Thomas Jan Bernadus
Thomas Jan Bernadus Mohon Tunggu... Penulis - A Freelance Blogger

blogger free lance

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Sarana Bermain Anak di RPTRA Kampung Indah Lestari yang Berbeda

7 Januari 2018   13:00 Diperbarui: 7 Januari 2018   13:03 1756
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sudah lama juga saya tidak menulis tentang fasilitas publik yang mulai dibangun di era Gubernur DKI, Basuki T. Purnama, atau Ahok, yang bernama Ruang Publik Terpadu Ramah Anak atau RPTRA.

Mungkin sudah lebih dari enam bulan saya tidak menulis tentang RPTRA. Padahal, dari sekian banyak jenis fasilitas publik, RPTRA ini merupakan fasilitas publik yang saya sangat sukai.

Sebenarnya, saya sudah beberapa kali mampir ke RPTRA. Tapi berhubung fasilitas yang ada di RPTRA cenderung sama, akhirnya saya jarang menuliskannya.

Sampai pada akhirnya, sebuah ajakan liputan tasyakuran atau syukuran telah diresmikannya sebuah RPTRA di RW 07, Kelurahan Sunter Agung datang. Namanya RPTRA Kampung Indah Lestari Saya yang sudah agak lama tidak mampir ke RPTRA yang masih baru, akhirnya datang juga.

Ketika saya sampai di RPTRA, sudah banyak persiapan acara. Tenda sudah berdiri, ada pengisi acara dan berbagai hal lainnya. Sulit bagi saya untuk mengambil foto mengenai fasilitas RPTRA tersebut.

Tapi, akhirnya saya melihat sarana permainan anak yang terletak di bagian depan. Wah sangat berbeda dengan beberapa RPTRA yang saya kunjungi. Yang pertama saya lihat adalah kuda-kudaan di RPTRA Kampung Indah Lestari ini. Kuda-kudaan ini baru saya temui di RPTRA Kampung Indah Lestari ini.

Arsip Pribadi
Arsip Pribadi
 
Arsip Pribadi
Arsip Pribadi
Begitu penampakannya. Ada semacam pegas yang menopang kuda-kudaan ini sehingga anak yang bermain di fasilitas ini bisa bergoyang-goyang.

Fasilitas permainan anak lainnya yang saya temui adalah jungkat jangkit. Kalau jungkat jangkit di RPTRA lainnya itu seperti timbangan, tapi jungkat jangkit di RPTRA Kampung Indah Lestari ini ada pegasnya. Seperti kuda-kudaan tadi. Tapi pegasnya ada dua.

Arsip Pribadi
Arsip Pribadi
 
Arsip Pribadi
Arsip Pribadi
Lucu kan? Benar-benar berbeda.

Sarana permainan anak di RPTRA ini juga ada yang berupa tangga dan perosotan. Ini juga berbeda dengan RPTRA lainnya. Kalau di RPTRA lainnya ada yang terbuat dari kayu dan besi, di sini perosotannya dari plastik.

Seperti ini penampakannya :

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun