Mohon tunggu...
Thomas Jan Bernadus
Thomas Jan Bernadus Mohon Tunggu... A Freelance Blogger

blogger free lance

Selanjutnya

Tutup

Birokrasi

Kalijodo, Bukan Hanya RPTRA dan Skatepark

10 Maret 2017   11:53 Diperbarui: 10 Maret 2017   11:59 1619 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kalijodo, Bukan Hanya RPTRA dan Skatepark
dokumen pribadi

Kita sudah pasti tahu lah, tempat yang lagi ngetop dua bulan belakangan ini. Tempat yang dahulunya lokasi "abu-abu" ini sudah beralih fungsi. Namanya Kalijodo. Setiap harinya, warga dari berbagai usia datang. Jumlahnya mencapai ribuan.

Namun, yang selalu menjadi pusat perhatian para pengunjung adalah Ruang Publik Terpadu Ramah Anak atau RPTRA dan Skatepark atau tempat bermain skateboard. sepeda BMX, inline skate dan lainnya. Begitu juga dengan semacal hall atau aulanya. Sangai ramai dikunjungi.

Tapi, sebenarnya, Kalijodo ini bukan hanya skatepark dan RPTRA saja. Kalau kita berada di Skatepark, di sebelahnya, ada Ruang Terbuka Hijau atau RTH yang sangat luas. Kalau saya bilang malah paling luas.

RTH ini, masuk dalam wilayah Jakarta Utara. Sama dengan hall (ruang serbaguna) ataupun skatepark.

RTH ini, ketika saya berkunjung ke Kalijodo beberapa hari lalu, cenderung lebih sepi dibandingkan dengan RPTRA dan Skatepark. Sayang sebenarnya.

Nah, apa sih yang bisa kita lakukan di RTH nan luas ini?

Di RTH Kalijodo ini, ada jogging track yang bisa kita gunakan untuk olahraga lari atau jogging atau sekedar jalan. Jalan kaki juga menyehatkan bukan? Jogging track ini, lebarnya kurang lebih 1,5 meter. Panjangnya? Wah panjang "banget". Jalan kaki berkeliling saja, sudah lumayan membuat ngos-ngosan lho.

dokumen pribadi
dokumen pribadi
Tidak salah kan kalau kita jogging, jalan kaki atau mungkin bersepeda di RTH Kalijodo ini.

Apalagi yang ada selain jogging track? Di RTH juga ada semacam "bar" atau tiang-tiang yang bisa kita manfaatkan untuk "work out" sepert pull up. Atau kalau sedikit ekstrim, kita bisa bergelantungan sambil sit up gitu.

dokumen pribadi
dokumen pribadi
Istilah kerennya, street workout, atau nge-gym di taman-taman. Ketika saya menelusuri di internet, ada beberapa komunitas street work out, namun sayangnya belum sampai di Kalijodo.

Ada lebih dari satu tiang-tiang ini. Kalau saya hitung mungkin ada empat. Dan itu tersebar di beberapa titik di RTH Kalijodo ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN