Kesehatan

Penggunaan Seed Therapy dan Ramuan Herbal untuk Menjaga Kestabilan Berat Badan

14 November 2017   14:38 Diperbarui: 14 November 2017   15:12 256 8 3
Penggunaan Seed Therapy dan Ramuan Herbal untuk Menjaga Kestabilan Berat Badan
dokpri




Menjaga berat badan supaya tetap stabil dan masih dalam selang normal tidaklah mudah apalagi bagi wanita yang sudah melahirkan dan berusia di atas usia 40 tahun.  Berat badan ideal dan normal dapat dilihat dari beberapa standar penilaian. Mulai dari penilaian secara konvensional ataupun menurut rumus BMI.  Pada tulisan kali ini saya mencoba berbagi berdasarkan pengalaman pribadi cara menjaga berat badan dengan menggunakan energi potensial biji pada titik-titik akupunktur di tangan dan kaki digabungkan dengan meminum ramuan herbal.  

Terapi biji atau seed therapy adalah metode komplit dari penggunaan tekanan atau pemijatan di kaki dan atau tangan dengan jarum atau yang lain.  Pada terapi biji, penggunaan jarum digantikan oleh biji (Heriza Budiman,  Makalah Pelatihan Seed Therapi. Bogor. 2017).  Seperti kita ketahui kekuatan daya tumbuh dari biji dapat mampu mendorong dirinya sendiri tumbuh dalam tanah yang padat.  Hal ini merupakan energi potensial tersembunyi yang digunakan untuk terapi.  Biji ditempelkan pada titik yang diperlukan dan diganti setiap 24 jam.

Biji-biji yang dapat digunakan adalah biji kedelai, kacang hijau, kacang merah, merica atau biji-biji lain yang masih dalam kondisi segar dan bagus.

Biji-biji itu kemudian ditempelkan pada jari-jari tangan seperti pada gambar. Penempelan biji-biji ini dapat dilakukan setiap hari selama 14 hari atau kemudian kalau ingin dilajutkan maka istirahat dulu 3 hari sebelum menggunakannya kembali.  Waktu yang tepat untuk penggunaan seed therapy ini adalah pada pagi hari dan malam hari.


Park Jae Woo, SU Jok Therapy, Seoul. Korea. 1991. O-Haeng Publishing Co
Park Jae Woo, SU Jok Therapy, Seoul. Korea. 1991. O-Haeng Publishing Co



Titik-titik akupunktur yang dimaksud adalah titik-titik akupunktur pada organ kepala sebagai pusat pengaturan tubuh yang memberi perintah kepada organ-organ tubuh lain dan memerintahkan lambung untuk dapat mengendalikan lapar.

Park Jae Woo, Su Jok Therapi. Seoul Korea. 1991. O-Haeng Publishing Co
Park Jae Woo, Su Jok Therapi. Seoul Korea. 1991. O-Haeng Publishing Co




Titik  akupunktur yang lain adalah titik akupunktur pada organ jantung dan pembuluh darah untuk memperlancar peredaran darah yang berarti juga memperlancar dan mempercepat metabolisme pada tubuh serta titik-titik akupunktur pada organ bawah tubuh yaitu lambung, limpa, ginjal , usus besar dan usus halus  agar merangsang pencernaan organ pembuangan zat sisa tubuh.  Hal ini dimaksudkan agar makanan yang kita konsumsi dapat dicerna dengan baik dan digunakan untuk aktivitas tubuh (Park Jae Woo, Su Jok Therapy, Seoul, Korea, 1991, O-Haeng Publishing Co).



Untuk memperhebat hasil, saya menyarankan dengan meminum ramuan herbal yang aman yaitu;
Ramuan Herbal pelangsing
Bahan
Jeruk nipis masak   1 buah
Daun teh                  1 sendok makan
Air                             1 Gelas

Cara Membuat;
Daun teh kering ditambahkan ke dalam air, kemudian dipanaskan dalam keadaan tertutup hingga mendidih selama 30 menit.  Setelah dingin, tutup dibuka dan disaring hingga diperoleh filtrate sebanyak satu gelas.  Filtrat tersebut kemudian ditambahkan perasan air buah jeruk nipis yang sudah disaring lalu diaduk rata hingga menjadi ramuan homogen.  Ramuan ini diminum dua kali sehari sebanyak satu gelas selama satu bulan.  (Drs Bambang Mursito, Apt, Msi, Ramuan Tradisional untuk Pelangsing Tubuh. Jakarta.  Penebar Swadaya. 2003)

Tentu saja dalam meminum ramuan untuk menjaga berat badan dan penggunaan seed therapi untuk menjaga kestabilan berat badan, tetap saja harus dihindari atau dikurangi makanan berlemak, manis berlebihan, gorengan dan harus ditambah rutin berolahraga sehingga didapat hasil yang maksimal.

Pada akhirnya kesadaran menerima kelebihan dan kekurangan bentuk tubuh juga faktor yang menentukan kestabilan berat badan .  Jika anda berusia di atas 40 tahun cukuplah memiliki berat badan yang normal dan tidak termasuk klasifikasi jenis overweight atau obesitas.  Tidaklah perlu memiliki badan seperti para peragawati atau remaja usia belasan.  Terimalah keadaan tubuh anda dan Insya Allah ini akan membantu dalam proses menjaga kestabilan berat.

Selamat mencoba di rumah dan semoga berhasil.