Mohon tunggu...
TJIPTADINATA EFFENDI
TJIPTADINATA EFFENDI Mohon Tunggu... Konsultan - Kompasianer of the Year 2014

Lahir di Padang,21 Mei 1943

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Pilihan

Membangun Industri Rumah Tidak Perlu Tunggu Modal Puluhan Juta Rupiah

6 Desember 2021   20:17 Diperbarui: 6 Desember 2021   20:49 250 34 11
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Bukan Khayalan 

Banyak orang yang lebih suka berkeluh kesah dan mengharapkan pengertian orang, bahwa dirinya menganggur bukan karena salahnya, melainkan karena Covid 19. Kemanapun pergi,yang diceritakan adalah: "Susah, mau cari kerjaan tidak pernah dapat". Seluruh pikiran tertumpu pada satu titik ,yakni "mencari pekerjaan ".

Padahal kalau mau mengambil waktu untuk menenangkan diri dan berpikir,sesungguhnya ada banyak jalan untuk dapat menciptakan lapangan kerja sendiri. Tidak perlu menunggu hingga modal puluhan juta rupiah,tapi hanya dengan modal 5 juta rupiah saja, sudah dapat menjadi Pengusaha. 

kulit-manis-b-61ae0aa706310e21ef7ce8a3.jpg
kulit-manis-b-61ae0aa706310e21ef7ce8a3.jpg

dokumentasi pribadi

Membangun Home Industri

Membangun home industri ? "Hahaha yang benar saja, Opa.! Darimana pula awak bisa dapatkan modal puluhan juta rupiah?" Hal semacam inilah umumnya jawaban yang saya terima, setiap kali saya menyarankan untuk membangun industri rumah.  

Karena latar belakang saya adalah pengusaha rempah rempah ,maka tentu saja lebih suka menuliskan tentang bisnis rempah rempah, karena memang sudah merupakan bagian dari perjalanan hidup,sehingga tidak perlu berselancar di google. Kita ambil contoh: "Kulit Manis' atau lazim didalam bisnis disebut dengan istilah :"Cassia" .

Kalau mau jadi eksportir,maka tentu saja perlu gudang dan persiapan berton ton komoditas ekspor. Tapi dalam usaha industri rumah,cukup dengan memiliki stock cassia sebanyak 10 kilogram saja ,sudah cukup. 

Cassia ini direndam dan dicuci hingga bersih ,tanpa menggunakan sabun ataupun zat kimia lainnya. Jadi cukup direndam hingga kembang dan dibersihkan dibagian dalamnya. Kemudian dijemur hingga sungguh sungguh kering. Karena bila tidak kering, maka akan tumbuh jamur yang dapat membahayakan kesehatan orang yang mengonsumsinya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bisnis Selengkapnya
Lihat Bisnis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan