Mohon tunggu...
TJIPTADINATA EFFENDI
TJIPTADINATA EFFENDI Mohon Tunggu... Konsultan - Kompasianer of the Year 2014

Lahir di Padang,21 Mei 1943

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Artikel Utama

Mengapa Tiba-tiba Orang Jadi Gagap?

23 Oktober 2021   05:41 Diperbarui: 24 Oktober 2021   09:17 444 68 27
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Menelisik Pernak Pernik Kehidupan

Ada orang yang memang sejak dari sononya mengalami gangguan pada organ komunikasinya, sehingga tergagap gagap saat berbicara khususnya bila dirinya sedang dalam kondisi emosional atau tegang.

Sesungguhnya bukanlah hal aneh,karena tidak ada manusia yang sempurna,karena kesempurnaan hanyalah milik Tuhan. 

Setiap orang pasti memiliki kekurangan pada dirinya yang mungkin tidak selalu tampak secara kasat mata. Dan tentu tidak perlu mengumbar kekurangan diri hanya demi mendapatkan rasa simpati orang.

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi

Kembali ke Judul

Tetapi ada orang yang sesungguhnya sama sekali tidak ada gangguan pada syaraf komunikasinya dan dapat berbicara selama berjam jam dengan lancar sehingga yang mendengarkan terpesona. 

Tetapi ada kalanya, tetiba orang yang tadinya begitu piawai dalam memberikan berbagai petuah ataupun berkhotbah,tetiba tampak gugup dan gagap.

Sebagai seorang yang sudah hidup di 5 zaman, maka setidaknya saya dapat menangkap signal ini dalam beberapa kali hadir dalam seminar maupun pertemuan antar komunitas selama masih di Tanah Air.

Saat hendak berpidato tentang "Kasih dan pengampunan" tetiba si Pembicara melihat salah seorang tetangganya hadir dalam pertemuan tersebut. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan