Mohon tunggu...
TJIPTADINATA EFFENDI
TJIPTADINATA EFFENDI Mohon Tunggu... Konsultan - Kompasianer of the Year 2014

Lahir di Padang,21 Mei 1943

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Pentingnya Check and Recheck tentang Berita yang Ditulis di Media Manapun

21 September 2021   20:39 Diperbarui: 22 September 2021   04:39 175 33 12
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pentingnya Check and Recheck tentang Berita yang Ditulis di Media Manapun
padang-pasir-naskah-6149e03c06310e119c245842.jpg

dokumentasi pribadi

Keterangan foto: silakan diperhatikan ,ini foto kami di Padang Pasir Pinnacles. Memang udaranya panas,tapi sama sekali  tidak seperti dibayangkan dalam berita dibawah ini .

Agar Jangan Terburu Buru Mengambil Kesimpulan 

Tulisan ini bukan bermaksud menyalahkan siapa siapa,hanya semata mata mengajak para pembaca untuk lebih arif dalam mengambil keseimpulan setelah membaca berita di media manapun,termasuk media yang selama ini termasuk terpercaya . Karena apa yang ditulis disana ,hanya opini pribadi,yang bukan merupakan hal yang sesungguhnya Sebagai contoh saya mengutip satu dua baris yang ditulis oleh sebuah media terkemuka,silakan dibaca dengan seksama 

Inilah Hal Mengejutkan Pendatang Tentang Australia

Ada beberapa hal yang kemungkinan besar muncul di benak seseorang yang hendak pindah ke Australia: musim panasnya yang luar biasa panas, satwanya yang berbahaya, dan aksen warganya yang unik. 

Tapi, sebenarnya banyak sekali kejutan yang baru diketahui waktu sampai di negara tersebut.Musim panas dan serangga raksasa adalah dua dari sekian hal yang mungkin membuat warga Australia kesulitan menyesuaikan diri. (*sumber)

Bila orang yang belum pernah ke Australa membaca berita seperti dikutip disini,maka kemungkinan akan membatalkan niatnya untuk datang. Karena ada gambaran mengerikan tentang Australia,yakni :"musim panasnya yang luar biasa panas ,satwanya yang berbahaya " Padahal kemungkinan besar, apa yang ditulis hanyalah opini pribadi dan bukan berdasarkan apa yang terjadi secara umum.

Kami sudah pernah tinggal di negara bagian Queensland selama 3 tahun,kemudian pindah ke New South Wales selama 5 tahun dan belakangan ini,tinggal di Western Australia.  Tapi belum pernah mengalami hal hal seperti dituliskan dalam cupikan tersebut. Kalau berkunjung ke Padang Pasir,sudah tentu saja panas,tapi itupun tidak sampai  menyebabkan pengunjung langsung sakit parah. 

Saya dan isteri sudah ke Padang pasir Pinnacles dan menjelajahi padang pasir dari pagi hingga petang, Haus ? Pasti,tapi tidak mengakibatkan cidera apapun.  Kalau mengenai ular atau laba laba beracun,semua orang sudah tahu berbahaya . Jangankan di Australia, di mana mana diseluruh dunia,ular dan laba laba itu beracun.

Tidak Membahas Kepentingan Penulisnya

Saya sama sekali tidak mengenal Penulisnya dan tulisan ini sama sekali tidak bermaksud  kepo urusan orang mau tulis apa.melainkan hanya sebatas mengingatkan,bahwa apa yang ditulis oleh media manapun,sebelum mengambil kesimpulan alangkah eloknya dilakukan check and recheck. Kalau ada yang belum pernah ke Australia ,bertanya kepada saya, tentang Australia,maka saya akan menjawab :"Aman, silakan datang"

Semoga tulisan ini ada manfaatnya, karena sebesar apapun sebuah media, tetap saja ada celah  bahwa yang ditulis adalah pengalaman khusus pribadi dan bukan kejadian secara umum. Sehingga tidak dapat dijadikan patokan,bahwa  pendatang baru akan terkaget kaget karena udara sangat panas dan banyak binatang berbahaya. Karena kalau binatang berbahaya dimanapun kita pergi pasti ada.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan