Mohon tunggu...
TJIPTADINATA EFFENDI
TJIPTADINATA EFFENDI Mohon Tunggu... Kompasianer of the Year 2014

Lahir di Padang,21 Mei 1943

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Australia Negeri Sarat Aturan

7 April 2021   19:53 Diperbarui: 7 April 2021   20:05 136 14 6 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Australia Negeri Sarat Aturan
ket.foto: orang Aborigin ngamen sambil jualan bumerang harus ada izinya./dokumentasi pribadi

Semua Harus Ada izin

Rasanya tidak berlebihan bila dikatakan bahwa "Australia adalah negeri yang sarat dengan aturan". Mulai dari membuat kolam renang di dalam pekarangan sendiri harus ada izin tertulis dari pemerintah setempat. Sebelum izin diterbitkan, lokasi pembuatan kolam renang akan ditinjau terlebih dulu. Kemudian harus ada pagar disekeliling kolam renang dan airnya harus memenuhi standard kebershihan yang  ditetapkan. 

Mau pelihara kucing atau anjing ? Anjing dan kucingnya harus dibawa kedokter untuk dilakukan check kesehatan dan diberikan pending dengan nama dan nomor telepon pemiliknya. Tentu saja tidak gratis. 

Walaupun namanya anjing dan kucing kepunyaan sendiri bukan berarti boleh berbuat sesuka hati. Menendang anjing atau kucing akan didenda 5000 dolar dan bilamana menelantarkan anjing atau kucing,disamping didenda bisa masuk penjara dan hak untuk memelihara hewan dirumah dicabut. 

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi

Mau mancing ? Harus ada licence 

Kalau di Indonesia mau mancing gampang, tinggal beli tali nilon dan mata kail sudah boleh memancing dimana saja kecuali tentunya jangan mancing dalam kolam ikan milik tetangga. Kalau disini, mau mancing harus ada License. Harus tahu ikan mana yang boleh dipancing dan berapa ukuran minimalnya, Jadi harus bawa ukurannya. Ada jenis ikan yang hanya boleh dipancing satu ekor.  Pusing ya ? Tapi begitulah aturan disini 

Mau Ngamen Juga Harus Ada Izin

Kalau di Jakarta, mau ngamen gampang banget. Tidak perlu bisa nanyi. Bahkan kalau tidak ada gitar, botol kosong pun sudah cukup. Yang penting saat orang lagi enak makan, pukullah botol atau kaleng hingga brisik sehingga orang yang makan merasa terganggu dan cepat cepat memberikan uang recehan agar pengamen cepat pergi. 

Ada beberapa orang pengamen yang memang menyanyi dengan baik sehingga dengan ikhlas orang orang yang sedang makan, memberikan tips, bukan recehan tapi goceng atau ceban 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN