Mohon tunggu...
TJIPTADINATA EFFENDI
TJIPTADINATA EFFENDI Mohon Tunggu... Kompasianer of the Year 2014

Lahir di Padang,21 Mei 1943

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Fiksi yang Memiliki Kekuatan Dahsyat

16 Maret 2021   21:06 Diperbarui: 16 Maret 2021   21:40 256 44 14 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Fiksi yang Memiliki Kekuatan Dahsyat
Ilustrasi San pek Engtay/https://aldisurjana.wordpress.com/

 Mampu Menyedot Perhatian Jutaan Orang

Ada begitu banyak bukti bukti nyata bahwa yang awal mulanya hanyalah sebuah fiksi, tapi saking begitu piawainya penulisnya menciptakan imaginasi dalam  karya tulis yang dilahirkannya ternyata mampu mengubah fiksi menjadi sebuah legenda. Bahkan lebih dari itu oleh sebagian orang dirasakan seakan akan merupakan kejadian yang sesungguhnya. Ada beberapa contoh nyata seperti misalnya:

  1. Kisah Malin Kundang
  2. Kisah Siti Nurbaya
  3. Kisah San Pek Engtay
  4. Kisah Romeo and Juliet

Kisah Malin Kundang

Yang begitu piawainya dikisahkan oleh pengarangnya sehingga seakan akan memang begitulah kejadian sebenarnya. Tentu saja kita tidak perlu membahas satu persatu tentang kisah yang tertulis diatas, karena sebagian besar sudah memahami artinya.

Legenda Malin Kundang telah memberi inspirasi bagi sebuah karya seni di pantai Air Manis, Padang. Sebagai orang yang dilahirkan di Padang, Sumatera Barat, maka legenda ini sudah menjadi kisah turun menurun bagi warga Sumatera Barat. Dengan tujuan mengingatkan agar anak anak walaupun kelak kaya raya jangan sampai melupakan wanita yang telah melahirkan dan membesarkan dirinya

Kisah Sitti Nurbaya

Kisah hidup tentang Kasih tak sampai antara gadis yang bernama Sitti Nurbaya dengan seorang pemuda bernama Samsulbahri.  Begitu detailnya penulisan karya fiksi ini oleh Penulisnya sehingga banyak orang mengira bahwa di Gunung Padang memang benar benar terdapat kuburan Siti Nurbaya.

Dan untuk melengkapi "drama virtual " ini dinamakanlah jembatan yang menghubungi antara daratan kota Padang yang dipisahkan oleh Sungai Batang Arau dengan daratan Bukit Gado Gado, maka dinamakanlah jembatan gantung ini sebagai jembatan Siti Nurbaya Kisah  yang ditulis oleh Marah Roesli

Kisah San Pek Engthay

Legenda San Pek Engthay yang dari namanya saja sudah dapati diterka bahwa kisah ini berawal dari negeri tirai bambu. Yang walaupun memiliki alur dan jalur kisah yang berbeda,namun tetap bermuara di samudra yang sama, yakni cinta yang berakhir tragis.

Dimana diceritakan saking cintanya yang mendalam, setelah dikuburkan kuburan Sanpek terbuka dan Engthay melompat masuk kedalam liang lahat dan cinta mereka kembali bertaut dan menjelma menjadi sepasang kupu kupu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN