Mohon tunggu...
TJIPTADINATA EFFENDI
TJIPTADINATA EFFENDI Mohon Tunggu... Kompasianer of the Year 2014

Lahir di Padang,21 Mei 1943

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Cara Unik Australia Atasi Masalah Kantong Plastik

10 Juli 2020   04:13 Diperbarui: 10 Juli 2020   05:14 218 52 22 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Cara Unik Australia Atasi Masalah Kantong Plastik
ket,.foto : use this bag again and again, If it gets damaged ,we,ll replace it for free -/dokpri

Memberikan Contoh Nyata

Kisah tentang sampah plastik,sesungguhnya bukan cerita baru,tapi sudah menjadi cerita basi, Karena sejak tahun lalu secara gencar sudah diiklankan agar warga yang berbelanja,tidak lagi menggunakan kantong plastik sekali pakai.Dalam hal ini,tugas meminimalkan  efek buruk dari sampah plastik.bukan hanya dibebankan ke pundak calon Pembeli,tapi Supermarket diajak berperan serta secara aktif. 

Tetapi mengajak warga melakukan suatu aktivitas sosial demi kepentingan bersama,tidak cukup hanya sebatas pasang Spanduk dengan slogan: "Jangan kotori bumi kita dengan sampah abadi ".  Juga tidak cukup dengan berpidato untuk menggugah kesadaran warga. Karena bila hanya melakukan aksi hingga sebatas dua langkah ini, maka siapapun suku bangsanya, tetap saja tidak mungkin untuk berharap hasil yang maksimal . Harus ada langkah kongkrit yang nyata ,sebagai contoh keseriusan dari pemerintah .

Antara lain, salah satu supermarket jumbo yang bernama Woolworth ,sudah membuktikan bahwa pihaknya ikut bertanggung jawab ,untuk meminimalkan efek samping dari penggunaan plastik kantong sekali pakai . Yakni dengan memproduksi Kantong seumur hidup. 

Sekali Membayar ,Jaminan Seumur Hidup

Kantong yang terbuat dari bahan yang kokoh dan tahan lama ini,dijual dengan harga 1 dolar atau Rp.10.ooo ,Dengan jaminan seumur hidup.Gurantee ini tidak disebutkan secara lisan,melainkan tertulis pada kantong tersebut:" Gunakanlah kantong ini dan bila suatu waktu rusak,maka kami akan menggantikannya dengan yang baru secara cuma cuma" Dan disana tidak dituliskan batas waktunya,jadi berarti seumur hidup atau selamat supermarket yang menerbitkan kantong tersebut  makasih eksis,maka jaminan tersebut berlaku.

Mungkinkah Hal Ini Diterapkan di Negeri Kita?

Sempat terpikir ,apakah langkah yang dilakukan oleh Woolworth di Australia ini,diterapkan di Indonesia? Hal ini memang sulit menjawabnya, karena terpulang  pada supermarket yang menjamur di tanah air kita. Apakah mereka mau :"merugi " dengan memproduksi jutaan kantong kain yang kokoh dan kemudian mengaransi seumur hidup? Kalau jawabannya :"bisa" ,maka cara ini agaknya akan menjadi langkah yang efektif dalam meminimalkan sampah plastik. 

Karena 1 dolar setara 10 ribu rupiah. Dan dengan mengeluarkan dana 10 ribu rupiah,maka seumur hidup orang akan dapat memamnfaatkannya untuk berbelanja apa saja. Karena tidak ada dicantumkan disana,hanya boleh digunakan ketika berbelanja di supermarket yang memproduksi kantong tersebut.

Selain dari efektif memerangi sampah,sekaligus merupakan sebuah kenyamanan ,bagi para konsumen untuk berbelanja Karena tidak jarang berbeanja dengan menggunakan kantong plastik tipis sekali pakai, belum tiba di rumah ,plastiknya sobek dan barang belanjaan jadi berserakan,Apalagi bila yang dibeli adalah telur atau barang yang mudah rusak. 

Tulisan ini, merupakan sebuah bukti ,bahwa sejauh apapun perjalanan seseorang, tidak pernah akan dapat melupakan tanah kelahirannya. Menyaksikan sesuatu yang berguna, terus ingat,alangkah eloknya bilamana bisa di terapkan di negeri sendiri ?

Tjiptadinata Effendi

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x