Mohon tunggu...
TJIPTADINATA EFFENDI
TJIPTADINATA EFFENDI Mohon Tunggu... Konsultan - Kompasianer of the Year 2014

Lahir di Padang,21 Mei 1943

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Musik Dapat Merusak tapi Juga Dapat Menyembuhkan

22 November 2017   21:27 Diperbarui: 22 November 2017   22:05 654
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi: shuterstock

Terapi Diri Memanfaatkan Musik

Musik yang hiruk pikuk ,disamping dapat merusakan pendengaran ,sekaligus dapat menjadi penyebab orang menjadi sakit kepala dan stress. Akan tetapi music yang bernuansa lembut,seperti suara kicauan burung,bunyi air mengalir ataupun musik lagu lagu rohani,dapat membantu penyembuhan diri ,secara alami. Hal ini lazim disebutkan sebagai :"sound theraphy"

Tidak perlu berselancar digoogle dan tidak usah menyusahkan diri dengan mencari arti dan makna dari sound theraphy,karena dapat dijelaskan secara amat mudah dan simple.Ketika kita mendengarkan bunyi bunyi yang hiruk pikuk,secara alami,kita akan bergerak menjauh dari sumber suara. Karena disamping tidak enak didengar,juga dapat menyebabkan pikiran kita terganggu dan suasana hati menjadi galau.

Akan tetapi ,ketika berada di Masjid,di Gereja atau di Wihara,suara nyanyian rohani,terasa sangat menyejukkan hati .Rasa galau dan pikiran yang tadinya kalut,secara pelan pelan menjadi tenang dan damai.

Salah Satu Manfaatnya Adalah Mengatasi Insomnia

Saya pernah mengalami insomnia atau sudah tidur selama hampir 2 tahun. Penyebabnya adalah karena  kerugian yang saya derita ,akibat ditipu sahabat baik saya. Hal ini merupakan sebuah pukulan berat bagi saya.Dan sejak itu,setiap malam saya gelisah .Banyak hal yang saya pikirkan,sehingga tidak bisa tidur hingga menjelang subuh.

Sudah kedokter syaraf dan diberikan berbagai obat penenang,seperti Valium dan mogadon,namun hanya mampu membuat saya tertidur sesaat, Lama kelamaan kondisi kesehatan saya lahir batin menurun. Tensi saya naik dan  dari orang penyabar ,saya berubah menjadi sosok yang temperamental. Duduk melamun sepanjang hari dan menjadi pemurung.Kasian anak anak dan istri ,jadi sasaran kemarahan saya,padahal mereka tidak bersalah apa apa.

Musik Lembut atau Musik Rohani

Suatu waktu ,saya lagi duduk termenung diteras rumah,Sayup sayup sampai terdengar music lagu lagu rohani,yang diputar tetangga. Aneh rasanya, musik rohani tersebut,seakan menembus kelubuk hati saya yang terdalam. Ada rasa damai,yang selama 2 tahun hilang dari diri saya,kini muncul lagi. Sungguh saya sangat menikmatinya. Tanpa sadar,saya tertidur dikursi dan baru bangun sewaktu tengah hari dan perut merasa lapar. Istri saya sengaja tidak mau membangunkan,karena semalaman saya tidak tidur dan selalu gelisah.

Langsung hari itu juga saya beli kaset lagu rohani dan malamnya saya nyalakan dengan volume yang kecil,sehingga serasa sayup sayup sampai.Dan luar biasa,dalam waktu beberapa menit saja,saya sudah terlelap tidur.Baru terbangun ,ketika sinar mentari menembus masuk lewat jendela dan menyilaukan mata .Hal ini merupakan sesuatu yang sangat saya syukuri,karena terbebas dari ketergantungan akan obat obat penenang.

Sejak saat itu,semua obat obat penenang saya buang dan hanya dengan memanfaatkan musik lembut ,ternyata sangat efektif,untuk mengatasi masalah susah tidur.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun