Mohon tunggu...
Tiyarman Restu Putra Gulo
Tiyarman Restu Putra Gulo Mohon Tunggu... Penulis - Law dan Freelancer, 2 hal yang hampir mirip! | tiyarmangulo.com | @tiyarmangulo

Menulis itu penting, biar gak lupa! Karena faktanya otak cuma bisa nyimpan 1/8 data yang diterima. Habis itu lupa | tiyarmangulo.com | @tiyarmangulo

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

Tips Usaha Kuliner Bertahan di Tengah Ancaman Krisis 2023

1 November 2022   23:11 Diperbarui: 1 November 2022   23:14 95
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Para pelaku usaha kuliner membutuhkan inovasi terus-menerus untuk bertahan hidup. Pasalnya, pandemi COVID-19 yang masih berlangsung dan prakiraan resesi pada 2023 akan menjadi tantangan besar bagi para pelaku usaha.

Meski begitu, kita harus bertahan mengembangkan usaha kuliner kita. Apa rahasianya?

Kesuksesan pada inovasi dan penggunaan platform digital. Sejak awal berdiri, usaha kuliner harus bisa menarik perhatian kosumen, seperti misalnya mahasiswa sebagai target pasar utamanya.

Baca Juga : TIPS Sehat Makan Keripik Kentang Cemilan Menyegarkan 

Daya tarik utamanya adalah menu yang khas dengan bumbu rahasia dan harga yang ramah kantong mahasiswa. Tak heran dalam setahun, usaha kuliner bisa berdiri dengan modal awal yang kecil, mampu berkembang pesat dan membuka cabang baru di wilayah manapun.

Melalui Penjualan online, maka penghasilan bisa semakin meningkat, sehingga pada akhirnya kita berani membuka cabang khusus yang hanya melayani pemesanan online. Selain itu, usaha kuliner juga bisa merambah ke luar wilayah.

tiyarmangulo.com berbagi tips membangun usaha kuliner dan strategi yang tepat untuk bertahan dalam persaingan bisnis yang semakin ketat dan situasi ekonomi yang tidak menentu.

Baca Juga : TIPS Berhenti Merokok Menggunakan S.T.A.R.T

Perkuat nilai jual unik

usaha kuliner sangat kompetitif. Oleh karena itu, para pelaku usaha harus lebih cermat dan kreatif berinovasi untuk memperkuat keunggulan produknya. Menonjol bisa menjadi cara yang tepat untuk menarik perhatian konsumen.

Evaluasi bisnis secara reguler

Agar tetap relevan di pasar, para pelaku usaha kuliner harus melakukan evaluasi berkala terhadap kinerja bisnis, produk, dan layanannya. Hasil evaluasi tersebut dapat dijadikan acuan untuk menentukan strategi bisnis ke depan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun