Mohon tunggu...
Tiyarman Restu Putra Gulo
Tiyarman Restu Putra Gulo Mohon Tunggu... Penulis - Law dan Freelancer, 2 hal yang hampir mirip! | tiyarmangulo.com | @tiyarmangulo

Menulis itu penting, biar gak lupa! Karena faktanya otak cuma bisa nyimpan 1/8 data yang diterima. Habis itu lupa | tiyarmangulo.com | @tiyarmangulo

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Cara Nego Gaji yang Tampan dan Pemberani

27 Agustus 2021   16:36 Diperbarui: 27 Agustus 2021   17:36 110 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Cara Nego Gaji yang Tampan dan Pemberani
Foto : Pixabay

Nego gaji itu merupakan bagian yang sangat penting bagi kamu seorang karyawan yang mendapat kesempatan untuk promosi jabatan. Sebenarnya sih jangan ragu untuk meminta kenaikan lebih bila dirasa kamu punya jobdesk yang cukup setara dengan jabatan yang kamu pegang nantinya.

Namun, ternyata dikutip dari salary.com, hanya 37% karyawan di Indonesia yang coba nego gaji atas promosi yang diterimanya dan seringkali beralasan karena takut dimarahi bos atau manager nya. Mending terima-terima aja, takut ntar dipecat. Padahal itu mah hak kita ya, terlepas dia marah nantinya atau enggak, setidaknya bisa dibicarakan dulu.

Ya, kamu harus bisa nego gaji yang akan diberikan kepada kamu saat nantinya kamu di promosiin.

Oke, kita masuk pada persiapan dimana kamu bener-bener siap untuk nego gaji saat promosi jabatan dilakukan:

Pertama, kamu harus tahu sampai dimana kemampuan kamu. Apalagi ini berkaitan dengan promosi jabatan, tentunya harus disesuaikan dengan jobdesk yang kamu terima nantinya. Yang artinya, kamu bisa dipercaya 2x untuk menerima jabatan tersebut.

Kedua, biasanya nih ya, kita pasti akan diberi range gaji (misal, rentang antara 1jt-3jt), ya, kamu harus berani pilih untuk range tertinggi, kenapa? ya, kadang bos atau manager kamu suka ngarepin kamu tu di gaji standar-standar aja, meski jobdesk makin nambah. Hayo, siapa yang ngalamin gitu? 

Nah, kamu mesti harus berani dengan sigap memilih gaji range tertinggi meski nanti masih ada nego lanjutan, paling tidak kamu sudah mendapat posisi aman saat nego gaji kamu.

Ketiga, kamu wajib tunjukkan hasil kerja kamu semaksimal mungkin. Yap, setara lah dengan gaji yang bakal kamu terima nanti di saat promosi jabatan. Atau bagi kamu-kamu yang belum berkesempatan mendapat promosi, cara ketiga wajib banget kamu tunjukin, siapa tau next time kamu yang dapat giliran promosi.

Ya, mungkin sekian tips dari aku yang pernah ngalamin nego gaji. Semoga apa yang aku share bisa bermanfaat buat kamu yang lagi nego gaji saat mendapat kesempatan promosi jabatan.

Mohon tunggu...
Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan