Mohon tunggu...
Tiv Firsta
Tiv Firsta Mohon Tunggu... Literature Student, Author, Freelancer, A Lover

🕊🤍 Shakespearean droplet "I didn't make the poetries, but I was made for them." Catalogue: @filankopi ☎ +62 888 0264 2290/hollafirs@gmail.com (work)

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Menanggapi Pro dan Kontra Pernyataan Jerinx "SID" Mengenai Pandemi Covid-19

13 Mei 2020   15:17 Diperbarui: 13 Mei 2020   18:43 266 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menanggapi Pro dan Kontra Pernyataan Jerinx "SID" Mengenai Pandemi Covid-19
Image: TirtoID

Beberapa waktu terakhir warganet dihebohkan dengan pernyataan dari I Gede Ari Astina atau yang lebih populer dengan nama Jerinx 'SID'. Betapa tidak, di tengah persebaran pandemi Covid-19 Beliau menyatakan bahwa virus ini tak seberbahaya persepsi  yang sudah dipahat sedemikian rupa oleh Mainstream Media. Beliau pula mengatakan bahwa kita, rakyat Indonesia harus turun ke jalan dan menuntut pemerintah supaya kita kembali hidup normal.

Rabu, 29 April lalu Jerinx pun sempat mengadakan siaran langsung melalui platform media sosial instagram bersama Dokter Tirta. Dalam video siaran langsung tersebut, suara sempat terputus manakala Beliau berbicara.

Suatu kebetulan atau gimana ini? Ketika mau membahas conspiracy signal semrawut, suara ilang, raine yo ilang pisan piye iki? (mukanya juga ilang sekalian gimana ini?) @dr.tirta @jrxsid

Begitulah pernyataan dari istri drummer tersebut, Nora Alexandra (Instagram: @ncdpapl) melalui fitur cerita instagram. Kemudian, 30 April lalu Nora Alexandra mencuitkan di akun twitter pribadinya @VLAMINORA

"Banyak media yang lebih concern untuk ngangkat berita akan kasus kematian covid-19 yang tinggi. Tapi tidak menyertakan fakta faktual di lapangan, dan Narasi makin membuat takut"

Hasil diskusi Dokter Tirta dan Suamiku.

Memangnya, Beliau pernah ngomong apa sih di media kok sampai segempar itu, sampai live instagram saja 'diganggu'? Dalam pengakuannya, sebetulnya Beliau memiliki niat baik yakni meredakan ketakutan masyarakat sebab faktanya faktor ketakutan justru memiliki pengaruh yang begitu besar terhadap potensi kesembuhan pasien.

Berikut adalah beberapa kutipan Beliau di akun twitter sebelum akun tersebut mengalami suspend atau diberhentikan oleh pihak twitter

Hal paling bahaya dari covid-19 adalah RASA TAKUT. Simak penjelasan ilmiahnya berdasar hukum genetik & quantum physics. Analogi yg dipakai Dr Bruce dibuat sesederhana mungkin utk membantu kita yg tak akrab dgn bahasa akademis mengerti bahaya "virus" ini.

(Beliau pula menyertakan link dari laman video berbagi YouTube mengenai penjelasan terkait statementnya)

Kalau misalnya setiap hari pemerintah & media seluruh dunia JUGA mengumumkan jumlah orang yg meninggal karena jantung, kanker, diabetes & bunuh diri, kira-kira rakyat bisa lebih tenang gak ya?
Atau penyakit-penyakit di atas sekarang namanya sudah covid semua?
Jantung gak menular? Tunggu dulu. Jantung disebabkan oleh stress. Stress muncul dari rasa takut yg berlebihan. Kesimpulan: penyebar ketakutan = penular sakit jantung.

Dalam cuitannya yang lain

Saya gak anti vaksin. Saya anti fasisme dan penjajahan berkedok vaksin.
Orang yg ketakutan adalah orang yg paling gampang dikelabui, dan elit global tahu persis nilai mata uang ketakutan ini. Semakin anda takut, semaking mudah mereka menggiring anda ke rumah jagal.

Pernyataan-pernyataan tersebut diwarnai komentar berbeda-beda. Terdapat komentar yang menentang terutama mengenai pendapat bahwa pembatasan sosial tak diperlukan serta ajakan kembali pada hidup normal. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN