Mohon tunggu...
Tito Adam
Tito Adam Mohon Tunggu... Jurnalis - Social Media Specialist | Penulis | Fotografer | Editor Video | Copy Writer | Content Writer | Former Journalist

Senang untuk belajar dan belajar untuk senang | Instagram @titoadamp | Email titoadamp@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Wajib Kamu Kunjungi, "Lembah Bakkara" Surga Dunia di Pinggir Danau Toba

19 September 2021   08:21 Diperbarui: 19 September 2021   08:26 274 8 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Wajib Kamu Kunjungi, "Lembah Bakkara" Surga Dunia di Pinggir Danau Toba
Lembah Bakkara, salah satu destinasi wisata alam mirip negeri Eropa. Sumber : Indonesia Traveler

Indonesia mungkin tidak berada di Eropa atau di Amerika. Benua yang dianggap menawarkan lebih banyak panorama indah, seakan membuat kita lupa jika kita juga punya 'surga dunia'.

Tidak berada dalam benua itu, membuat Indonesia lebih eksotis diantara negara-negara lainnya. Gara-gara hal ini, negara lain sering merasa 'iri' dengan yang dimiliki negara kepulauan ini.

Menurut kantor berita Antara, Indonesia punya 17.000 pulau yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Tentunya, keberadaan Indonesia di garis khatulistiwa, membuat negara tercinta ini memiliki banyak keuntungan.

Selain itu, dengan berada di 'ring of fire', membuat Indonesia itu indah dengan gunung, bukit dan hal lainnya yang jarang ditemukan di negara lain. Malah gunung di Indonesia pernah membuat sejarah dunia.

Gunung Toba misalnya, meletus sekitar  74 ribu tahun yang lalu dan menjadi letusan gunung berapi terbesar dalam sejarah. Dilansir dari Good News From Indonesia, letusan itu menutupi 2.800 kilometer kubik daerah sekitarnya dengan abu vulkanik.

Bahkan, letusan itu membuat perubahan iklim dunia. Tentu saja, efeknya tercipta sebuah danau hebat yang juga mengguncang dunia dengan keindahan layaknya surga yang turun ke dunia.

Dengan luas lebih dari 1.145 kilometer persegi dan kedalaman 450 meter, Danau Toba lebih mirip seperti laut ketimbang danau karena luas dan dalamnya danau. Tentu dengan luas ini, pasti banyak daerah yang harus di eksplor.

Mungkin sebagian orang akan berpikir, jika Danau Toba hanya sekadar danau sama seperti lainnya yang ada di Indonesia, termasuk saya. Hingga ketika saya berselancar di sosial media dan melihat Lembah Bakkara.

Di Lembah Bakkara, kita bisa melihat bukit yang menjulang tinggi di kiri dan kanan mengapit persawahan yang begitu luas dengan pemandangan Danau Toba di ujung lembah.

Lokasinya berada di sebelah Barat Daya Danau Toba dan merupakan sebuah lembah yang diapit dua bukit. Sekitar abad ke-16 hingga 20 (1515-1907), Bakkara pernah menjadi pusat pemerintahan Kerajaan Toba di bawah Dinasti Sisingamangaraja.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Selengkapnya
Lihat Travel Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan