Mohon tunggu...
Tito Adam
Tito Adam Mohon Tunggu... Social Media Specialist | Penulis | Fotografer | Editor Video | Copy Writer | Content Writer | Former Journalist

Senang untuk belajar dan belajar untuk senang | Instagram @titoadamp | Email titoadamp@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Digital Artikel Utama

Mengenal Google Trend dan Manfaat bagi Pegiat Media Digital

4 April 2021   21:09 Diperbarui: 6 April 2021   11:02 425 18 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengenal Google Trend dan Manfaat bagi Pegiat Media Digital
Ilustrasi mesin pencari Google. Sumber: Shutterstock via KOMPAS.COM

Saya yakin banyak dari kita sudah mengenal google, mesin pencari paling populer seantero jagad raya yang sebagian orang memanggilnya mbah google. Merujuk panggilan 'mbah dukun' yang seakan tahu segalanya. Mesin pencari ini akan menyediakan apapun yang kamu tanyakan.

Jangankan satu ditambah satu, resep masakan rawon, cara benerin motor mogok, semuanya lengkap. Bahkan coba kamu search cara menghasilkan mudah dan cepat. Muncul loh ternyata!

Google juga sebuah perusahaan raksasa yang memiliki banyak program digital, seperti android, chrome, youtube dan masih banyak lainnya. Namun seberapa banyak diantara kita yang sudah mengenal Google Trend, saya yakin tidak banyak yang mengenal dan memanfaatkan fitur yang dimilikinya.

Pada dasarnya, Google Trend merupakan fasilitas yang disediakan google untuk para pegiat digital atau untuk orang yang memiliki tingkat keingintahuan tinggi.

Jika pegiat fashion ataupun para wanita yang suka mode, tentu dia akan beli majalah mode yang lengkap. Jika dia penggemar device teknologi, tentu dia akan mengikuti apa yang menjadi device paling dicari saat ini.

Google trend mirip dengan itu. Alat ini tercipta karena habit yang kita buat sendiri. Sedikit - sedikit cari di google. Bingung apapun cari di google. Seakan membenarkan google sebagai sosok 'mbah dukun' alias penasihat era masa kini.

Google trend. Sumber : Grid.id
Google trend. Sumber : Grid.id

Dari habit ini, akhirnya yang berkembang adalah apa yang dicari oleh orang-orang saat ini. Apakah tentang pencari kerja, covid19 atau keamanan negara yang paling banyak dicari.

Penasaran gak sih, apa yang dicari oleh orang-orang Indonesia dalam setahun terakhir? Jawabannya ada di Google Trend!

Berdasarkan 12 bulan terakhir, banyak yang 'kepo' mencari kata kunci "prakerja". Bahkan 4 dari top 5 kata kunci itu semuanya tentang pra kerja. Mulai prakerja log in, prakerja hingga kartu prakerja.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN