Mohon tunggu...
Titin Hatma
Titin Hatma Mohon Tunggu... -

Membaca. Menalar. Menikmati.

Selanjutnya

Tutup

Catatan

Mengapa Aku harus Jalan Kaki?

5 Juni 2013   19:57 Diperbarui: 24 Juni 2015   12:29 102
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
13704368072065596894

[caption id="attachment_265765" align="alignleft" width="300" caption="doc pribadi"][/caption]

Kebanyakan orang yang kuberi tahu akan terkejut: bahwa aku selalu pulang dari kampus berjalan kaki dari fakultas sampai indekos. Jarak antara kedua tempat itu mungkin 500 meter (ini hanya perkiraanku) dan kalau ditempuh berjalan kaki akan memakan waktu sekitar 20 menitan.

Reaksi heran itu menurutku agak berlebihan. Memangnya apa yang salah? Sejauh ini, aku tidak punya alasan untuk tidak melakukannya. Aku menyukainya. Menyusuri jalan yang tidak ramai, melewati pemukiman, dan merasakan sinar matahari sore dengan intensintasnya rendah;  aku sungguh menikmatinya. Saban hari, aku melewati seorang wanita yang memancing ikan di rawa. Yaa, itu aneh.  Tapi aku suka memikirkannya. Ada perasaan bahagia ketika mendapati seorang lelaki ubanan pulang dari mesjid pada suatu sore yang gerimis. Dia mengingatkanku pada ayahku.  Juga, adalah momen yang sangat menggembirakan melihat bocah-bocah berlarian menyemarakkan musim layang-layang. Dan pada intinya, menurutku, kita lebih bisa merasakan banyak hal yang biasa terlewatkan oleh ritme kehidupan masyarakat urban dengan kebiasaan yang satu ini.

Sungguh, jalan kaki sepulang kampus itu menyenangkan. Lagipula, tubuh kita yang amat jarang diberi kesempatan untuk berolaharaga ini punya hak digerakkan, daripada sekadar duduk di depan TV atau bermain dengan gadget seharian.


Mohon tunggu...

Lihat Catatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun