Mohon tunggu...
Titik Maulidiyah
Titik Maulidiyah Mohon Tunggu... Mahasiswa

IAIN Jember

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Madzhab Filsafat Pendidikan

26 Maret 2020   17:49 Diperbarui: 26 Maret 2020   17:49 3 0 0 Mohon Tunggu...

Assalamu'alaikum wr.wb

Di sini saya akan menjelaskan tentang aliran filsafat pendidikan, tokoh-tokoh filsafat pendidikan, dan pemikiran kunci tokoh filsafat pendidikan

Aliran Filsafat Pendidikan

Filsafat pendidikan adalah ucapan yang digunakan dalam study mengenai masalah-masalah pendidikan yang belum terjawab oleh ilmu yang ada. 

1) Idealisme

Idealisme adalah suatu aliran filsafat yang paling tua yang umumnya disandarkan dengan filsuf besar Plato. Aliran ini memiliki suatu keyakinan bahwa realitas ini terdiri dari subtansi sebagaimana ide-ide atau spirit. Alam nyata tergantung pada Tuhan sebagai Jiwa Universal. 

2) Realisme

Pada hakikatnya kelahiran realisme sebagai suatu aliran dalam filsafat sebagai sintesis antara filsafat idealisme Immanuel Kant di satu sisi dan empirisme John Locke di sisi lainnya. Realisme ini kadang kala disebut juga neo rasonalisme. John Locke memandang bahwa tidak ada kebenaran yang bersifat metafisik dan universal. Ia berkeyakinan bahwa sesuatu dikatakan benar jika didasarkan pada pengalaman-pengalaman indrawi, sifatnya induksi. John Locke menyangkal kebenaran akal.

3) Materialisme

Demokritos (460-360 SM), merupakan pelopor pandangan materialisme klasik, yang disebut juga “atomisme”. Demokritos beserta para pengikutnya beranggapan bahwa segala sesuatu terdiri dari bagian-bagian kecil yang tidak dapat dibagi-bagi lagi (yang disebut atom). Atom-atom merupakan bagian dari yang begitu kecil sehingga mata kita tidak dapat melihatnya. Atom-atom itu bergerak, seehingga dengan demikian membentuk realitas pada pancaindera kita.

Tokoh-tokoh filsafat pendidikan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x