Sastra

Pengalaman Sukses yang Dibuat-buat

18 Mei 2018   09:27 Diperbarui: 18 Mei 2018   10:10 206 0 0

Berbicara sukses berarti berbicara tentang ukuran. Sebuah ukuran yang digunakan untuk mengukur seberapa sukes orang itu mencapai pada angannya karena tingkat sukses seseorang berbeda-beda. 

Sukses dan pengalaman saling berkaitan. Keduanya memiliki hubungan yang dimana biasanya tingkat kesuksesan seseorang bergantung pada seberapa banyak pengalamannya.

 Berbagai pengalaman bisa saja terjadi pada diri setiap orang baik pengalaman lucu, mengharukan, menyedihkan, mengembirakan maupun membanggakan.

 Pengalaman saat ini langka terjadi. Tidak seperti pengalaman sebelum-sebelumnya. Pengalaman yang biasanya tidak terencana dan tersetruktur bahkan, tidak sengaja dilakukan oleh seseorang tetapi pada kenyataannya pengalaman ini menceritakan sesuai dengan rencana, setruktur, dan sengaja diakukan sehingga menghasilkan sebuah pengalaman baru. Dalam cerita ini saya akan menyampaikan pengalaman dari tugas pertama tentang pengalaman belajar paling tidak optimal.

Dalam proses mengerjakan tugas pertama merupakan pengalaman baru yang memberi dampak positif bagi kelompok saya. Bukan hanya kelompok saya tetapi saya yang turut berperan dalam pembuatan video tersebut sangat merasakan bagaimana dampaknya. Bukan hanya pembutan video yang hanya berawal dari mencari sampai menentukan hari tetapi dari proses mencari tempat yang kondusif untuk membuat video  sampai dengan presentasi bersama teman- teman menjadi salah satu hal yang luar biasa. 

Dampak positif pun hanya kita yang dapat merasakan karena prespektif dan anggapan kita beda-beda. Dalam hal mengerjakan tugas saja kita semua tentu mengambil hikmah yang bermacam-macam. Ada yang mengambil hikmah dari sisi pembuatan video ada juga yang memgambil hikmah dari proses pencarian tempat.

Tahap pertama yaitu pencarian tempat. Berawal dari mencari kelas disalah satu fakultas saintek kemudian pindah ke CH karena kurang kondusif dan di CH ternyata dipenuhi dengan perkumpulan mahasiswa dan akhirnya kita memutuskan untuk menuju parkiran PAU tetapi dalam kondisi disana kita hanya bisa mengambil video pengalaman dari salah satu anggota kelompok kami yaitu Salsabila Syifauunnida. Tempat merupakan pendukung yang utama, itulah mungkin pemikiran teman-teman yang dijadikan salah satu permasalahan. Oleh sebab itu, dalam pencarian tempat kita sangat pilih-pilih.

Proses selanjutnya pencarian tempat belum selesai, kita masih mencari tempat yang lebih nyaman karena di PAU kebetulan terdapat orang mondar-mandir itu menurut kelompok kami membuat ricuh video sehingga kami melakukan pencarian lebih lanjut dan akhirnya didapati sebuah tempat yaitu P2B. 

P2B merupakan tempat dimana kita berlatih mengolah dan mempelajari bahasa baik bahasa arab maupun bahasa inggris. Tempat tersebut bukan hanya untuk mengolah dan mempelajari tetapi juga dapat digunakan untuk pretest dan tes bahasa arab serta bahasa inggris. Tempat tersebutlah yang menjadi pengambilan video dari kelompok kami.

Pengambilan video dimulai dari Eka Wahyuni, Salsabila Syifauunnnida, Titah Nor Fahmi, Randitya Wiratama, dan yang paling akhir karena datang terakhir yaitu Henni Purwanti. 

Pengambilan video pun lucu, meriah, heboh, dan sok cantik. Karena memang pada dasarnya mereka melakukan masih diselimuti dengan rasa jaim tetapi hasilnya memuaskan itulah kata sukses dari saya, walaupun masih ada rasa kurang percaya diri dari hasil video karena suara yang kurang jelas dari hasil rekaman, pencarian tempat yang kurang memuaskan, dan penggunaan kamera yang tidak mendukung. Tetapi tidak menjadi persoalan yang serius bagi kelompok kami karena dirasa kita sudah melakukan yang terbaik namun, dari hasil tersebut kami merasa ketakutan karena kami berfikir diantara hasil tugas pertama kelompok kami kelompok 5 memeroleh nilai yang kurang baik untuk dipresentasikan.

Presentasi merupakan suatu jalan yang dilakukan oleh kelompok kami pada tugas pertama untuk berbagi pengamalan karena dirasa itu yang paling mudah. Kemudahan itu bukan berarti kita tidak mau menceritakan didepan kelas secara lugas, jelas, dan menggunakan sistem cerita panjang lebar apa yang terjadi tetapi kemudahan tersebut berupa usaha ketika kita menyampaikan dan melakukan tugas dapat terlaksana dengan baik dengan sistem yang terstruktur. 

Karena pada dasarnya sistem presentasi itu tidak mungkin ada kelalaian dalam menyampaikan informasi kepada teman-teman tentang pengalaman yang telah kita dapatkan. Disamping dengan cara presentasi kita juga menyampaikan dengan cara melalui video untuk belajar mengasah ketrampilan dalam mengedit video dan bermain aplikasi pada laptop. Meskipun hasil akhirnya nanti hanya mendapatkan sebuah karya biasa namun setidaknya hasil karya sendiri dapat dinikmati oleh banyak orang walaupun hanya dalam lingkup kecil yaitu kelas.

Pada akhirnya pengalaman tersebut merupakan pengalaman yang paling lucu dan termasuk sukses yang dibuat-buat karena menimbulkan tawa, pengalaman yang menyedihkan karena menyusahkan hati akibat tidak menemukan tempat yang sesuai dengan hati, dan menjadi pengalaman yang membanggakan serta mengembirakan karena menimbulkan kebahagiaan dan menibulkan rasa bangga akibat pembuatan video yang merupakan karya sendiri yang dapat dinikmati orang lain dan bahkan karya tersebut mendapatkan tanggapan yang positif dari teman-teman bahkan dosen.

Dengan demikian, saya menjadi termotivasi untuk terus berkaya walaupun baru bisa dinikmati oleh kalangan kecil. Saya yakin suatu saat nanti akan ada sebuah hasil yang besar untuk dapat dinikmati karena tentu sukses menurut saya adalah suatu hasil yang dapat dinikmati oleh orang lain walaupun hanya dalam lingkup kecil. Suksesnya seseorang juga bergantung pada tingkat ke pemahamannya bisa jadi ada yang menganggap sukses itu ketika selesai mengerjakan tugas ada juga yang menganggap sukses itu ketika selesai presentasi karena pada dasarnya tingkat suksesnya seseorang berbeda-beda.

Sebagai penutup tulisan singkat ini, saya mengajukan definisi tentang pengalaman dan sukses. 

Menurut saya pengalaman adalah suatu kejadian yang pernah dialami seseorang yang memberi cerita baik atau tidak baik yang biasanya pengalaman itu bisa datang tiba-tiba bisa jadi tersetruktur prosesnya tetapi hasilnya selalu tidak disangka-sangka. 

Sedangkan sukses menurut saya adalah ketika kita mempunyai sebuah karya kecil yang bisa dinikmati oleh banyak orang. Demikian kalimat singkat tersebut selain dapat mendefinisikan kata pengalaman dan sukses juga dapat menjawab pertanyaan. Apa definisi pengalaman dan sukses menurut kalian?  

ESAI -TITAH NOR FAHMI - 17106070017 - UTS - PENDIDIKAN KIMIA

DASAR-DASAR PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN

UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA