Mohon tunggu...
Tinta Digital
Tinta Digital Mohon Tunggu...

Tinta Digital adalah karya asli Kelas Cyber Journalism Mahasiswa Ilmu Komunikasi angkatan 2015 FISIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin . Semoga menjadi inspirasi buat pembaca

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Radin Azkia, Muda dan Berkarya

5 Januari 2019   03:01 Diperbarui: 5 Januari 2019   03:02 0 3 0 Mohon Tunggu...
Radin Azkia, Muda dan Berkarya
Radin Azkia, penulis muda yang mengawali karya nya dengan menulis di wattpad. Sumber foto : instagram.com/radinazkia

Menulis bukanlah suatu hal yang dapat dilakukan oleh sebagian banyak orang. Merangkai kata, menentukan alur, hingga memberi 'rasa' terhadap tulisan bukanlah persoalan yang mudah.

Banyak orang berfikir menulis itu hanya sekedar, berkhayal, lalu di tulis. Pada praktek nya, tidak semua tulisan dapat di terima dan tidak semua tulisan dapat dinikmati, pembaca mulai memilih mana yang dapat dibaca dan diterima.

Pembaca karya tulis dapat dikategorikan dalam berbagai umur dan kalangan. Tentunya dengan perbedaan latar belakang mereka, berbeda pula karya tulis yang dipilih.

Seperti misalnya para pembaca usia remaja, cenderung lebih tertarik dengan karya tulis fiksi. Dimana para penulisnya menciptakan tokoh fiksi yang mereka kagumi. Salah satu karya tulis fiksi adalah novel.

Menulis novel tidak sesederhana seperti yang terlihat, namun tidak sesulit seperti yang di fikirkan. Kebanyakan dari kita hanya takut untuk memulai, lalu menyerah tanpa mecoba. Karena yang sulit disini bukan 'menulis' nya, melainkan menghidupkan tulisan tersebut dan menjadikan indah.

Di era modern saat ini, semua kalangan dengan mudah dapat mempublikasikan tulisan fiksi mereka. Mereka bisa menulis dan membagikan nya dengan mudah melalui internet. Salah satu wadah untuk mempublikasi kan karya tulis fiksi yang dapat di akses dengan mudah dan gratis yaitu melalui aplikasi smartphone yang dienal dengan Wattpad.

Wattpad mulai marak di kenal sejak awal tahun 2012. Banyak para penulis yang mempublikasi tulisan mereka melalui wattpad. Mulai dari berbagai penulis hingga dari berbagai genre. Banyak para penulis yang memanfaatkan wattpad sebagai solusi untuk memperkenalkan karya tulis fiksi mereka yang selanjut nya akan di terbitkan.

Tidak sedikit penulis wattpad yang menerbitkan karya tulis mereka dengan self publishing atau lebih di kenal dengan penerbitan buku oleh penulis tanpa melibatkan penerbit mayor. Dan tidak sedikit pula yang karya nya telah di terbitkan oleh penerbit mayor dan sekarang banyak terpampang di toko buku. Salah satu penulis wattpad yang karya nya di terima masyarakat dan beredar di berbagai toko buku adalah Radin Azkia.

Nama nya Salwa Radin Azkia, tapi lebih dikenal dengan Radin Azkia. Tahun ini usia nya genap 22 tahun. Dia salah satu mahasiswi Ilmu Komunikasi di Universitas Brawijaya Malang, Jawa Timur.

 Radin mulai bergabung di wattpad pada Agustus 2012. Hingga saat ini karya yang berhasil dia tulis di wattpad ada 10. Kebanyakan karya Radin bergenre teenlit dan romance. 4 dari 10 karya nya sudah berhasil diterbitkan dan sudah terpampang di toko buk. Bagi Radin ini pencapaian yang luar biasa.

Feel Real merupakan novel ketiga Radin yang berhasil di terbitkan oleh Gagasmedia
Feel Real merupakan novel ketiga Radin yang berhasil di terbitkan oleh Gagasmedia
"Jujur, selama menulis aku nggak pernah kepikiran jika tulisan aku akan diterbitin. Mungkin yang pernah melintas di benak aku itu kalau ceritaku nggak disukai orang. Tapi abis itu aku mikir lagi kalau setiap orang beda-beda. Mungkin memang ada yang suka dan nggak, dan kita gabisa hidup untuk membuat semua orang mau apa yang kita hasilkan. Yang paling penting apakah kita suka apa yang bisa kita hasilkan atau tidak." Ucap Radin dalam sesi Tanya jawab bersama gagas media.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2