Mohon tunggu...
Tinezia Tanjung
Tinezia Tanjung Mohon Tunggu... mahasiswi uajy

fisip uajy'19

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Adaptasi Kebiasaan Baru dalam Pelayanan

24 Maret 2021   22:25 Diperbarui: 24 Maret 2021   22:37 30 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Adaptasi Kebiasaan Baru dalam Pelayanan
Referensi gambar: Satu Harapan

 Kita sebagai mahluk hidup yang beriman dan mempercayai Tuhan dengan mengandalkan Tuhan dalam kehidupan kita. Tentunya kita dalam menjalankan kehidupan, kita selalu melayani dengan cara melakukan peribadahan. Disamping untuk melayani Tuhan, kita juga dapat berinteraksi dengan saudara-saudara kita untuk membentuk suatu kekeluargaan. Seiring perubahan zaman dan jalannya waktu sampai dengan saat ini, banyak sekali perubahan sosial yang terjadi khusunya dalam kegiatan keagamaan. Mengingat bahwa di Indonesia, kita hidup tidak hanya dnegan saudara kita yang seiman saja melainkan banyak saudara kita yang meyakini agama lain. 

Perubahan sosial merupakan  perubahan dalam hubungan interaksi antar individu, organisasi, atau komunitas yang bertalian dengan struktur sosial atau pola nilai dan norma (Goa, 2017).  Mengingat sekarang ini, Indonesia sedang tidak baik baik saja karena pandemi covid-19 yang masih menjadi momok bahkan sampai di dunia. Dari hal tersebut sudah jelas terlihat bahwa sudah terjadi perubahan sosial. Perubahan sosial yang sedang terjadi yaitu dalam masalah peribadahan bagi semua umat yang ada di Indonesia. 

Sebagai contoh peribadahan yang terjadi pada gereja katedral di Bandung. Dilansir dari Tribunnews, gereja Katerdral di Semarang masih melakukan Misa Online. Kemudian Gereja katedral di Jakarta sudah melakukan kegiatan Misa secara offline tetapi masih sangat dibatasi dan dengan potokol kesehatan yang sudah ditetapkan seperti memakai masker dan menjaga jarak. Hal ini terjadi perubahan sosial dari peribahdan sebelum adanya pandemi covid-19 jemaat melakukan ibadah tatap muka secara langsung dan tanpa adanya protokol kesehatan yang harus dijalankan. 

Tidak hanya itu saja, ibadah lainnya juga dilakukan secara daring atau online. Seperti halnya masjid terbesar di Asia yang berada di Jakarta sampai saat ini juga masih belum bisa dibuka untuk umum. Umat Islam juga masih melakukan sholat idul fitri dirumah saja. Tetapi belum diketahui untuk tahun ini akan dilakukan secara offline atau masih tetap dilakukan secara daring.

referensi 

Goa, L. 2017. Perubahan sosial dalam kehidupan bermasyarakat. Jurnal STP-IPI Malang. 

Suban, A. 2020. Live Misa Online Gereja Katolik. Diakses tanggal 24 Maret 2021. 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x