Mohon tunggu...
Humas Imigrasi Muara Enim
Humas Imigrasi Muara Enim Mohon Tunggu... Lainnya - Instansi Pemerintah

Akun resmi dikelola oleh Bagian Humas Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Muara Enim

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan

Optimalkan Pelayanan Publik, Imigrasi Muara Enim Berikan Pelayanan Jam Istirahat

19 Mei 2022   15:55 Diperbarui: 19 Mei 2022   15:57 232
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Petugas Imigrasi Muara Enim sedang melayani pemohon paspor di waktu istirahat (Dok. Humas)

Muara Enim -- (19/5) Sebagai bentuk pelayanan prima kepada masyarakat, Kantor Imigrasi Muara Enim Kemenkumham Sumsel memberikan layanan tanpa henti di waktu jam istirahat. Layanan yang dinamai LENTERA (Layanan Tenggang Waktu Istirahat) ini merupakan salah satu inovasi unggulan Kanim Muara Enim Kemenkumham Sumsel di mana permohonan layanan keimigrasian tetap dilayani meskipun masyarakat datang di waktu istirahat siang.

Setiap harinya terdapat 2 orang petugas yang melayani di booth Customer Service dan booth pelayanan di waktu istirahat yaitu jam 12 hingga jam 1 siang. Pemohon yang sudah mengantre pun tidak perlu menunggu sampai jam istirahat selesai untuk kembali dilayani sehingga proses pelayanan lebih cepat dan efisien.

Kakanim Muara Enim Kemenkumham Sumsel, Made Nur Hepi Juniartha menyampaikan "Inovasi Lentera ini sudah berjalan sejak tahun 2020 lalu sebagai bentuk pelayanan prima kami. Masyarakat pun sangat terbantu karena tidak perlu menunggu 1 jam sampai kantor dibuka kembali."

Lebih lanjut beliau menjelaskan bahwa munculnya inovasi layanan ini diawali dari ramainya pemohon paspor di Kanim Muara Enim yang berasal dari kabupaten sekitar Muara Enim dengan jarak tempuh yang cukup jauh.
"Karena ramai dan apabila pelayanan diputus saat siang, akan terjadi penumpukan pemohon di Kanim hingga sore. Maka dari itu kita berinisiatif untuk membuat layanan pada saat tenggang waktu istirahat sebagai solusi permasalahan tersebut."

Pelayanan yang telah berjalan 2 tahun ini sudah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat terutama pemohon paspor. Inovasi Lentera ini turut mengantar Kanim Muara Enim Kemenkumham Sumsel meraih predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun