Mohon tunggu...
tika habeahan
tika habeahan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Be do the best

MENJADI BERKAT BAGI SESAMA

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Seni Mendengarkan

26 Oktober 2021   10:27 Diperbarui: 26 Oktober 2021   10:43 106 12 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Selama saya KKN disalah satu kebun sawit PTPN,saya banyak dipertemukan dengan orang-orang yang baru bagi saya. Mereka menjadi pribadi-pribadi yang baru karena mereka adalah pekerja-pekerja kebun yang mungkin jarang melihat manusia seperti saya. Kehadiranku sebagai seorang biarawati di lahan perkebunan adalah sosok yang aneh bagi mereka. 

Hal itu terlihat dari cara mereka memandang saya,cara bicara mereka terhadap saya. Meski demikian,situasi itu tidaksaya sia-siakan. Justru dalam situasi itu saya mulai bersaksi melalui cara hidupku yang memang jauh berbeda dengan mereka.

Hari demi hari,saya mulai mendekati mereka,menjelaskan siapa saya,mengapa saya ada dikebun saat ini. Alhasil pendekatan itu pun berhasil. Kami mulai akrab dalam banyak hal,hingga mereka mulai berbagi kisah hidup mereka. 

Pada akhirnya,hampir setiap hari ada yang datang kepada saya untuk bercerita tentang situasi hidup yang mereka alami. 

Mendengarkan mereka ngoceh tiap hari adalah sesuatu yang membosankan untuk saya. Tapi apa lah daya barangkali Tuhan memanggil saya untuk mendengarkan mereka saat ini. Hehehe

Mendengarkan bukanlah sesuatu yang asing bagi kita. Kerap kita bersikap ingin didengarkan juga ingin mendengarkan. Tapi kebanyakan orang berkata bahwa mendengarkan adalah pekerjaan yang paling membosankan bahkan membuat mengantuk. Bisakah anda bayangkan tugas seorang konseling yang mampu mendengarkan dari jam ke jam ? 

Saya sendiri memposisikan diri sebagai mahasiswa mendengar adalah sesuatu yang membuat saya jenuh. Kemampuan saya untuk mendengarkan paling lama dalam kurun waktu 15 sampai 20 menit lebih dari itu maka apa yang saya dengarkan akan masuk dari kanan keluar dari kiri. Hehehe..

Beberapa waktu ini,selama saya KKN saya banyak belajar dari lingkungan sekitar saya termasuk dalam hal medengarkan. Semakin banyak saya mendengarkan semakin saya sadar bahwa mendengarkan merupakan salah satu cara untuk mengubah diri berdasarkan apa yang saya dengar. 

Mendengarkan juga menjadi salah satu bentuk penerimaan saya terhadap orang lain. Mendengarkan juga menjadi salah satu cara yang paling baik untuk menjalin relasi yang penuh kasih.

Ketika saya mampu mendengarkan dengan sepenuhnya,hadir dalam konteks pembicaraan maka ada kualitas,ada semangat baru,ada pandangan baru  yang saya dapatkan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan