Mohon tunggu...
tika habeahan
tika habeahan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Be do the best
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

MENJADI BERKAT BAGI SESAMA

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Tips untuk Men-charge Diri Sendiri

13 September 2021   11:46 Diperbarui: 13 September 2021   11:46 2676
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Lyfe. Sumber ilustrasi: FREEPIK/8photo

Menjadi seorang pemimpin itu tidak enak. Sekalipun posisinya bagus,gajinya mantap tapi toh tidak enak juga. Terpilih sebagai pemimpin hanya ada dua gendangnya yakni diterima dan ditolak. Saya pikir pengalaman ini tidak hanya dialami oleh seorang pemimpin tapi cenderung dialami oleh mereka yang memiliki wewenang untuk memimpin.

Sejak saya terpilih sebagai koordinator salah satu kelompok kaum muda,banyak pengalaman yang sungguh menantang. Kadang merasa dibanggakan,kadang juga jatuh sampai ke dasar keterpurukan. Pengalaman memimpin tidak selalu berjalan mulus. Tantangan menjadi teman seperjalan. Entah itu datangnya dari diri sendiri ataupun dari luar diri. 

Meskipun demikian,saya tetap berpegang pada visi misi yang pernah saya suarakan dikalangan mahasiswa. Maka,yang menjadi pegangan bagi saya selama menjabat sebagai koordinator adalah memiliki prinsip dan jangan lupa untuk men-charge diri sendiri. Memang tidak mudah ketika saya dituntut harus menegakkan keadilan dan kebenaran. Namun,saya sadar bahwa saya juga manusia yang tidak sempurna dan memiliki keterbatasan dalam banyak hal.

Pengalaman jatuh bangun itu kerap menyita tenaga baik pikiran maupun materi.  Pertanyaannya,bagaimana saya menggerakkan sebuah organisasi atau bagaimana saya memimpin ketika saya berada di posisi titik terendah ? Berikut akan saya bagikan  tips sederhana yang saya lakukan agar tetap semangat menjalankan tugas. Tipsnya tidak sulit,ucapkan kata-kata ini tiap kali anda bercermin.

Bercermin adalah salah satu kesempatan untuk melihat diri secara utuh. Entah itu secara fisik maupun psikis. Ketika perasaan-perasaan atau kecemasan tertentu menghampiri,maka pada saat itu juga raut wajah agak kelabu hehehe. 7 kalimat ini yang selalu saya katakan terhadap diriku setiap kali bercermin dan hasilnya manjur teman-teman..

1. I'm important

Katakan pada dirimu bahwa kamu penting. Penting dalam artian banyak orang yang membutuhkan kehadiranmu,banyak orang yang merindukanmu,banyak orang yang membutuhkan pertolonganmu. 

Menganggap diri penting dan berguna akan membuat saya semakin gesit dalam menjalani kehidupan. Tidak menyia-nyiakan waktu karena semua hal dianggap penting untuk diselesaikan. Jangan sampai menghabiskan waktu tanpa melakukan sesuatu. Keberadaanku itu penting .oleh karena itu saya harus berjuang.

2.  I'm strong

Katakan pada dirimu bahwa kamu " Kuat". Kata ini terlihat sepele namun akan memampukan saya untuk melakukan apapun. Tak ada kata menyerah ketika saya sadar bahwa saya memiliki kekuatan,memiliki kemampuan.

3. I'm smart

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun