Mohon tunggu...
Tias Khalilah Purbaningrum
Tias Khalilah Purbaningrum Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

-

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Kegiatan KKN Tematik 2022 Dalam Menumbuhkan Semangat Siswa Mengasah Kemampuan Membaca di SD Negeri Serang 07

10 Agustus 2022   22:40 Diperbarui: 12 Agustus 2022   11:41 878
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kemampuan membaca merupakan salah satu aspek penting yang harus dikuasai oleh siswa, terutama pada era globalisasi seperti saat ini. Kemampuan membaca bukan hanya kemampuan seseorang untuk mengekspresikan diri saja, melainkan kemampuan membaca merupakan kunci utama seseorang dalam penguasaan teknologi, pemikiran yang kritis serta kepekaan individu terhadap lingkungan sekitarnya. Oleh karena itu, penting bagi siswa menguasai kemampuan membaca yang baik. 

Dalam rangka menjalankan program KKN (Kuliah Kerja Nyata),  mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Daerah Serang (UPI Kamda Serang) pada  kelompok 189 dari program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar ikut berpartisipasi dalam menumbuhkan semangat siswa di SD Negeri Serang 07 untuk mengasah kemampuan membaca.

Dalam menjalankan program kerja ini, dibuatlah sebuah media pembelajaran membaca pemula yang disebut dengan “Paca (Papan Baca)". Media pembelajaran "Paca" ini  dapat digunakan siswa dalam kegiatan pelatihan membaca. Media tersebut dapat digunakan siswa untuk mengenal huruf-huruf abjad, membaca, serta dapat digunakan siswa untuk menyusun sebuah kata. Dengan media tersebut, terlihat siswa lebih antusias saat kegiatan pelatihan membaca dilakukan. 

Dengan media tersebut, juga dapat digunakan untuk bermain games bersama siswa, yaitu dengan mengetahui seberapa cepat siswa dalam menyusun sebuah  kata dengan benar.

dokpri
dokpri

Namun, dalam kegiatan pelatihan membaca tersebut terkadang siswa lebih dulu gugup, takut, dan malu. Oleh karena itu, dalam kegiatan KKN ini dibuatlah program kerja untuk membuat media "Papan Emoticon". Papan tersebut berguna untuk mengetahui emoji atau perasaan yang dialami siswa pada hari itu.  Sebelum pelatihan membaca dimulai  dapat digunakan media “Papan Emoticon” tersebut sebagai langkah pendekatan guru terhadap siswa terlebih dahulu.  

Dapat ditanyakan bagaimana perasaan siswa pada hari itu, biarkan mereka berbicara dan bercerita sepuasnya untuk meringankan rasa gugupnya terlebih dahulu, sehingga siswa akan merasa aman dan nyaman untuk memulai kegiatan pelatihan membaca. Dengan hal tersebut, ikatan antara siswa dan guru akan semakin dekat. Sehingga siswa tidak perlu lagi malu dan juga takut untuk belajar membaca.

dokpri
dokpri

Diharapkan dengan adanya media pembelajaran “Paca (Papan Baca)” dan “Papan Emoticon” dapat dipergunakan untuk membantu siswa dalam mengasah kemampuan membacanya. Sehingga, dalam pelatihan membaca bukan lagi menjadi hal yang memberatkan para siswa, melainkan menjadi kegiatan pelatihan yang menyenangkan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun