Mohon tunggu...
Tiara Giza
Tiara Giza Mohon Tunggu... Mahasiswa

Hai

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Peran Guru dalam Menerapkan Modifikasi Perilaku untuk Membentuk Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa

4 Oktober 2025   18:47 Diperbarui: 4 Oktober 2025   18:47 13
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Peran Guru dalam Menerapkan Modifikasi Perilaku untuk Membentuk Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa

Oleh : Tiara Giza Aprillia

email : tiaragiza65@gmail.com

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran guru dalam menerapkan modifikasi perilaku guna membentuk disiplin dan tanggung jawab siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur dengan menganalisis berbagai sumber relevan seperti jurnal ilmiah, buku, dan artikel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki peran sentral dalam merancang dan melaksanakan program modifikasi perilaku yang efektif. Strategi seperti pemberian penguatan positif, pembentukan perilaku, dan penghapusan perilaku negatif terbukti efektif dalam meningkatkan disiplin dan tanggung jawab siswa. Selain itu, penelitian ini juga menyoroti pentingnya kolaborasi antara guru, siswa, dan orang tua dalam mencapai tujuan modifikasi perilaku. Implikasi dari penelitian ini adalah perlunya pelatihan dan pengembangan profesional bagi guru dalam bidang modifikasi perilaku agar dapat menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan mendukung perkembangan karakter siswa. Melalui program Pendidikan karakter dan kegiatan sehari-hari, guru aktif membentuk sikap dan perilaku siswa agar lebih disiplin, jujur, dan religius. Penerapan nilai-nilai karakter seperti kedisiplinan, kejujuran, dan religiusitas menjadi fokus utama dalam pendidikan di sekolah tersebut. Faktor lingkungan, seperti dukungan dari keluarga dan interaksi dengan teman sebaya, juga memengaruhi pembentukan karakter disiplin siswa. Kerjasama antara sekolah, guru, orang tua, dan lingkungan sekitar sangatlah penting dalam menciptakan lingkungan yang mendukung pembentukan karakter disiplin siswa. Dalam menangani siswa yang melanggar aturan disiplin, guru harus memiliki strategi yang komprehensif dan responsif, dengan pendekatan yang mengedepankan komunikasi dan pembinaan.

Kata kunci : Disiplin, Tanggung jawab, Peran guru, Modifikasi perilaku, Faktor lingkungan.

Abstract

This research aims to examine the role of teachers in implementing behavior modification to shape students' discipline and responsibility. The research method used is a literature study by analyzing various relevant sources such as scientific journals, books, and research articles. The results of the research indicate that teachers have a central role in designing and implementing effective behavior modification programs. Strategies such as providing positive reinforcement, shaping behavior, and eliminating negative behavior have proven effective in improving student discipline and responsibility. In addition, this research also highlights the importance of collaboration between teachers, students, and parents in achieving the goals of behavior modification. The implication of this research is the need for training and professional development for teachers in the field of behavior modification in order to create a conducive learning environment and support the development of student character. Through character education programs and daily activities, teachers actively shape students' attitudes and behavior to be more disciplined, honest, and religious. The application of character values such as discipline, honesty, and religiosity is a major focus in education at the school. Environmental factors, such as support from family and interaction with peers, also influence the formation of student discipline character. Cooperation between schools, teachers, parents, and the surrounding environment is very important in creating an environment that supports the formation of student discipline character. In dealing with students who violate disciplinary rules, teachers must have comprehensive and responsive strategies, with an approach that prioritizes communication and guidance.

Keywords: Discipline, Responsibility, Teacher role, Behavior modification, Environmental factors.

Pendahuluan

            Disiplin dan tanggung jawab merupakan dua aspek penting dalam pembentukan karakter siswa. Keduanya berperan penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan mempersiapkan siswa untuk menghadapi tantangan di masa depan. Namun, dalam praktiknya, masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam menunjukkan perilaku disiplin dan bertanggung jawab. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti kurangnya motivasi, pengaruh lingkungan, atau masalah pribadi.Dalam mengatasi masalah ini, guru memiliki peran yang sangat penting. Guru tidak hanya bertugas menyampaikan materi pelajaran, tetapi juga berperan sebagai pembimbing dan fasilitator dalam pembentukan karakter siswa. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan guru adalah modifikasi perilaku. Modifikasi perilaku merupakan penerapan prinsip-prinsip belajar untuk mengubah perilaku yang tidak diinginkan menjadi perilaku yang lebih positif dan adaptif.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun