Mohon tunggu...
Tia DiniHaryani
Tia DiniHaryani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Lingkungan Kerja Positif: Meningkatkan Produktivitas dan Motivasi Kerja

9 Januari 2024   13:34 Diperbarui: 9 Januari 2024   13:38 165
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Worklife. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Menjadi bagian dari perusahaan atau instansi yang memiliki lingkungan kerja positif merupakan keinginan semua orang. Banyak orang menginginkan lingkungan kerja yang positif karena dapat mempengaruhi tingkat produktivitas dan motivasi dalam bekerja.

Lingkungan kerja positif adalah suatu kondisi di tempat kerja yang mendukung perkembangan, kesejahteraan, dan keberhasilan karyawan. Lingkungan ini menciptakan atmosfer yang memotivasi, menginspirasi, dan memberikan rasa kepuasan kepada para karyawan. Dengan menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan dan kebahagiaan karyawan, lingkungan kerja positif memiliki konstribusi besar pada produktivitas dan motivasi kerja untuk keberhasilan keseluruhan perusahaan atau instansi.

Lalu, mengapa lingkungan kerja positif mampu meningkatkan produktivitas dan motivasi dalam bekerja?

Dalam lingkup lingkungan kerja yang positif umumnya memberikan kesempatan untuk melakukan komunikasi dan kolaborasi dalam bekerja, sehingga terjadi diskusi terbuka untuk lebih memahami tanggung jawab dan prioritas dalam bekerja. Disisi lain, adanya komunikasi dan kolaborasi dalam bekerja mampu mendorong kerja sama dalam melakukan pemesacahan masalah sehingga dapat bekerja dengan baik dan cenderung mencapai tujuan perusahaan atau instasi dengan lebih efektif.

Lingkungan kerja positif juga menerapkan jam kerja fleksibel yang dapat mengurangi stres dan meningkatkan fokus sehingga memungkinkan bekerja lebih efisien. Adanya jam kerja yang fleksibel memberikan tanggung jawab pada pekerja untuk lebih mandiri dalam mengatur waktu bekerja, kemandirian ini memberikan konstribusi pada peningkatan produktivitas kerja.

Selain itu, lingkup lingkungan kerja positif umumnya melibatkan karyawan untuk aktif dalam proses pengambilan keputusan dan memberikan dukungan kepemimpinan yang positif. Kesempatan tersebut menciptakan komunikasi yang terbuka dan transparan antar pekerja atau dengan atasan. Dengan begitu, meraka yang merasa terlibat dan didukung oleh pemimpin mereka cenderung lebih termotivasi untuk berkontribusi.

Pengakuan dan apresiasi karyawan juga menjadi hal yang penting untuk mendorong produktivitas dan motivasi kerja. Memberi pengakuan dan apresiasi pada usaha, kerja keras, dan pencapaian membuat pekerja merasa dihargai dan menjadi dorongan ekstra dalam bekerja. Hal ini dapat menjadi motivasi untuk meningkatkan kinerja dan memberikan hasil terbaik,

Dengan menciptakan lingkungan kerja yang positif, perusahaan dapat menciptakan kondisi yang mendukung dan fondasi yang kuat untuk meningkatkan produktivitas dan motivasi karyawan, yang pada gilirannya dapat menghasilkan kinerja yang lebih baik dan pencapaian tujuan organisasi.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun