Mohon tunggu...
Thurneysen Simanjuntak
Thurneysen Simanjuntak Mohon Tunggu... Senang mengajar dan menulis

Penerima Penghargaan Lomba Karya Jurnalistik Kementerian Perindustrian - Rebranding Tanggulangin (2018); Lomba Essay dalam Rangka Kegiatan Komunikasi Informasi dan Publikasi Anggaran 2019 - Museum Olahraga Nasional - Kemenpora (2019); Blog Competition Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan - Bank Indonesia & Kompasiana (2019). (thurprosmart@gmail.com)

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Guru, Baktimu Tiada Tara, Pajak Membangun Nusantara

22 November 2019   16:06 Diperbarui: 22 November 2019   16:37 136 0 0 Mohon Tunggu...
Guru, Baktimu Tiada Tara, Pajak Membangun Nusantara
Dokpri

Hari ini (22/11), SMA Dian Harapan Lippo Cikarang berkesempatan mendapat kunjungan dari Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Cikarang Selatan.

Kehadiran KPP Pratama Cikarang Selatan, tentu tidak lepas dari rangkaian kegiatan Pajak Bertutur yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP).

Pernah mendengar kegiatan Pajak Bertutur?

Kegiatan ini merupakan kegiatan DPJ yang menggandeng lembaga pendidikan di seluruh Indonesia. Baik dari Sekolah Dasar hingga Perguruan Tinggi. Dengan tujuan, untuk melakukan edukasi dan menanamkan kesadaran pajak sejak dini.

Pada kegiatan Pajak Bertutur yang diselenggarakan di SMA Dian Harapan, Yovita Ardiati, selaku Kepala KPP Pratama Cikarang Selatan, menyampaikan apa sebenarnya pajak dan arti pentingnya bagi negara dan masyarakat.

Dokpri
Dokpri

Yovita menegaskan bahwa pajak itu memiliki dasar hukum yang kuat karena diatur dalam UUD 1945 Pasal 23A. "Pajak dan pungutan lain yang bersifat memaksa untuk keperluan negara diatur dengan undang-undang."

Kemudian, menjelaskan bahwa dalam Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN), pajak merupakan sumber pemasukan yang tertinggi. Bahkan untuk tahun anggaran 2019 mencapai 82,50% atau sekitar Rp. 1.786,4 T dari jumlah APBN 2019 yang berjumlah Rp. 2.165,1 T.

Dengan sambutannya yang interaktif, ternyata mampu mengajak siswa untuk memikirkan dan menunjukkan apa saja manfaat dari pajak tersebut yang dapat menyentuh masyarakat luas bahkan yang dapat dinikmati mereka sebagai pelajar.

Diakhir sambutannya, Yovita pun tidak lupa mengajak siswa untuk mengucapkan slogan secara bersama-sama "Pajak Kuat, Indonesia Maju."

Seusai sambutan dari Yovita, materi berikutnya dilanjutkan oleh Rikhy Erwin selaku Account Representatif di KPP Pratama Cikarang Selatan, juga didampingi oleh Yanuar selaku IT Representatif.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x