Mohon tunggu...
T.H. Salengke
T.H. Salengke Mohon Tunggu... Petani - Pecinta aksara

Ora et Labora

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Artikel Utama

Memaknai Semangat Pekerja Migran Menjadi Mahasiswa di Luar Negeri

26 September 2022   21:27 Diperbarui: 27 September 2022   13:01 448 18 5
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Duta Besar Hermono memasang jas almamater secara simbolik kepada mahasiswa baru di KBRI Kuala Lumpur, Minggu (25/9/2022). Dok. Pribadi.

Sebelum era reformasi, mayoritas orang Indonesia yang merantau ke luar negeri semata-mata untuk mencari rezeki. Tentu untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga. 

Namun, sekarang semakin berubah, para golongan muda Indonesia merantau ke luar negeri, tak hanya untuk mencari rezeki, tetapi juga sambil kuliah.

Suatu hal yang menarik, ketika Pekerja Migran Indonesia (PMI) bisa menjadi mahasiswa selama bekerja di luar negeri. 

Yang pasti adanya perubahan mindset dari menjadi buruh kepada menjadi seorang mahasiswa. Hal inilah yang perlu kita bapresiasi dan fasilitasi, agar niat baik untuk maju dapat tercapai.

Yang lebih membanggakan, akan terciptanya perubahan sikap dan rasa percaya diri, karena sama dengan mahasiswa-masiswa lain baik di dalam negeri maupun di luar negeri. 

Bahkan, nilai tambahnya mereka semuanya kuliah dengan hasil jerih payah mereka sendiri, tanpa sama sekali membebankan orang tua di kampung halaman.

Dubes Hermono, Pensosbud Yoshi Iskandar, Koordinator UTKL Taufiq Hasyim Salengke, dan perwakilan mahasiswa baru, Minggu (25/9/2022). Dok. Pribadi.
Dubes Hermono, Pensosbud Yoshi Iskandar, Koordinator UTKL Taufiq Hasyim Salengke, dan perwakilan mahasiswa baru, Minggu (25/9/2022). Dok. Pribadi.

Kelebihan-kelebihan tersebut, juga ditegaskan oleh Duta Besar Hermono dalam sambutannya saat mengikuti Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) bagi mahasiswa baru di Malaysia, Minggu (25/9/2022) pagi. Turut serta secara virtual para mahasiswa UT di Amerika dan Australia.

Apalagi para PMI di perantauan bisa menyelesaikan studi mereka sebelum kembali ke kampung halaman, akan menjadi hadia tersendiri bagi keluarga tercinta saat menginjakkan kaki di kampung halaman bisa membawa gelas dan uang. Ibarat sekali mendayung dua pulau terlampaui.

Sebagian mahasiswa baru UTKL 2022  berfoto bersama seusai OSM
Sebagian mahasiswa baru UTKL 2022  berfoto bersama seusai OSM

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan