Mohon tunggu...
T.H. Salengke
T.H. Salengke Mohon Tunggu... Petani - Pecinta aksara

Ora et Labora

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Cerita Hari Ketiga Jambore Nasional XI, Upacara Pembukaan yang Spektakuler

18 September 2022   14:01 Diperbarui: 18 September 2022   14:02 181 10 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Upacar peresmian Jambore Nasional XI. Dok. Pribadi.

JAMBORE NASIONAL XI tahun 2022 telah diresmikan pada tanggal 14 Agustus 2022, yakni pada hari ke-3 kontingen Gudep KBRI Kuala Lumpur berada di Bumi Perkemahaan Cibubur. Situasi sudah mulai stabiil dan cuaca pun semakin cerah.

Sebelum subuh semua adik-adik sudah bangun dan mandi untuk selanjutnya menuju masjid. Seusai menunaik solat Subuh, saya dan Ka Deany langsung duduk di dapur mempersiapkan menu sarapan pagi buat anggota putra. Maklum akan mengikuti upacara, jadi perlu energi supaya tidak tumbang dalam barisan para Penggalang seluruh Indonesia.

Setelah semuanya beres, Ka Deany selaku Pindamping, mengerahkan anggota ke lapangan Utama sejauh hampir 1 km. Tak lupa Ka Deany membawa beberapa botol air mineral di dalam ranselnya untuk jaga-jaga bila ada anggota yang kehausan, karena panasnya terik matahari pada pagi itu.

Saya dan Ka Joko berangkat setelah beres-beres merapihkan kawasan tenda. Maklum ada saja anggota yang lupa menuntup tenda, dan lain sebagainya. Jadi perlu penertiban untuk mengantisipasi kehilangan barang atau hal-hal lain yang tidak diinginkan.

Upacara peresmian berlangsung meriah yang dibuka oleh Ketua Kwarnas Komjen  Pol. (Purn.) Drs. Budi Waseso. Dalam pidato peresmian Jambore Nasional XI, Ketua Kwarnas menyampaikan harapan negara lewat hajat Jambore sesuai teman yang diangkat, yaitu: "Ceria, Bededikasi, dan Berprestasi."

Tema di atas, memiliki hubungan dengan situasi Pandemi Covid-19 yang selama ini masyarakat Indonesia tidak bebas mengadakan kegiatan, baik di dalam bangunan maupun di alam terbuka. Ini merupakan Jambore Nasional Pertama diselenggarakan setelah Pandemi. Makanya diharapkan generasi muda tetap ceriah, berdedikasi dan juga berprestasi.

Upacara peresmian Jambore Nasional XI sangat meriah dengan antraksi pionering raksasa yang ditampilkan oleh Pramuka Penggalang "Garuda" dari berbagai daerah. Peresmian juga ditandai dengan pengibaran spanduk oleh pesawat kecil yang diterbangkan oleh penerbang angkatan udara.

Di balik kmeriahan upacara peresmian yang spektakuler, ternyata ada menyimpan kekecewaan. Pasalnya Presiden Joko Widodo absen hadir. Seperti tradisi-tradisi peresmian Jambore sebelumnya, akan selalu dibuka oleh presiden. Memang rencana awal akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo, tetapi batal. Kemudian rencana diganti oleh Menteri Muhadjir Effendi juga batal. 

"Ini yang pertama kali dalam sejarah Jambore Nasional tidak dibuka oleh presiden," ujar Ka El salah seorang pengurus Kwarnas yang menakhodai kegiatan di Kempa 1 Pangeran Antasari. 

Seusai upacara, kami foto-foto dengan kakak-kakak Kwarnas dan juga kontingen lain. Termasuk kontingen Sekolah Indonesia Davao City, Filipina. Di lapangan, kontingen Gudep Pramuka dari luar negeri bak selebritas. Kontingen-kontingen lain berebut mengajak foto bersama.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan