Mohon tunggu...
T.H. Salengke
T.H. Salengke Mohon Tunggu... Petani - Pecinta aksara

Ora et Labora

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

Cara Jitu Membaca Peluang Bisnis Era Digital

27 Mei 2022   09:34 Diperbarui: 1 Juni 2022   10:44 435 10 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

ERA DIGITAL menawarkan solusi usaha yang lebih efesien dan ekonomis. Dalam masa yang sama juga memiliki tantangan yang lebih berat, terutama bila tidak mampu bersaing dalam inovasi dan kreativitas.

Seorang wirausaha harus mengasah soft skill yang dibutuhkan di era 2020 ke depan, yaitu: creativity, persuasion, collaboration, adaptability dan emotional intelegence. Jelaskan bagaimana soft skill tersebut dapat berperan dalam mengembangkan dan mempertahankan kelangsungan usaha seorang wirausaha!

Dalam dunia usaha dituntut untuk selalu meningkatkan dan memperbaharui konsep dan strategi unggulan sebelum didahului oleh pesaingnya. Pebisnis yang cepat membaca dan merespon kebutuhan pasar, maka memiliki peluang yang besar mengembangkan usahanya. 

Empat soft skill yang perlu dimiliki dan dikembangkan dalam diri seorang wirausaha adalah, sbb: creativity, persuasion, collaboration, adaptability, dan emotional intelligence.

Pertama: Creativity

Pebisnis yang kreatif dalam membangun usaha akan lebih maju berbarding yang tetap dengan konsep lama. Contohnya dua orang pengusaha keripik, yang satunya mengemas dengan bungkusan biasa dan yang satunya mengemas dengan bungkusan khusus berlabel dengan gambar yang menarik, maka pasti daya jual produk keripik yang dikemas dengan kemasan khusus berserta gambar menarik akan mendapat sambutan pasar yang lebih cepat dan besar.

Kedua: Collaboration

Manusia adalah mahluk sosial yang tentu tidak bisa hidup sendiri. Usaha atau bisnis merupakan kegiatan interaksi yang jelas memerlukan pihak lain yang banyak untuk menjadi pihak perespon (pasar) atau rekan bisnis (collaboration).

Kolaborasi dalam dunia usaha itu penting karena tidak selamanya sebuah usaha itu bisa dikerjakan oleh satu pihak saja. Minimal dengan penentu kebijakan, seperti pemerintah daerah setempat yang akan membantu dari segi legal usaha supaya bisa diterima oleh pasar dan terjamin keamananannya.

Ketiga: Adaptability

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan