Mohon tunggu...
Thoyib Abdullah
Thoyib Abdullah Mohon Tunggu... Lainnya - Ecommerce - Freelance Writer and Teacher - Mahasiswa Magister Pendidikan Bahasa Inggris

The deeper I see, the more I understand the feeling -------- Ecommerce Enthusiast, Freelance Writer and Teacher, Postgraduate Student of English Education, Pendamping Proses Produk Halal (Certified Halal Product Process Assistant)

Selanjutnya

Tutup

Parenting Pilihan

Mendidik Anak dalam Belajar Sholat Sejak Dini

19 Maret 2024   14:06 Diperbarui: 19 Maret 2024   14:45 248
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
In frame: Azahra Salsabila Firdausi, 2,5 tahun (Sumber: dokpri dengan persetujuan orang tua)

Pendidikan agama dalam Islam, khususnya yang berkaitan dengan sholat, merupakan bagian penting dalam pembentukan karakter seorang muslim maupun muslimah. 

Mengajarkan anak-anak untuk belajar sholat sejak dini adalah tugas penting bagi orang tua, pengajar, dan komunitas Islam pada umumnya. Berdasarkan ajaran Islam, pendidikan agama tidak hanya merupakan kewajiban, tetapi juga sebuah amanah yang harus dipenuhi dengan penuh tanggung jawab.

Rasulullah SAW bersabda: "Perintahkanlah anak-anakmu untuk sholat ketika mereka berumur tujuh tahun, dan pukullah mereka karena meninggalkan sholat ketika mereka berumur sepuluh tahun, ...... " (HR. Abu Dawud)

Hadis di atas menekankan pentingnya mengajarkan anak-anak tentang sholat sejak usia dini. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran agama harus dimulai sejak dini agar anak dapat tumbuh dengan pemahaman yang baik tentang kewajiban agamanya. Meskipun dalam penangkapan pemahammannya belum maksimal.

In frame: Azahra Salsabila Firdausi, 2,5 tahun (Sumber: dokpri dengan persetujuan orang tua)
In frame: Azahra Salsabila Firdausi, 2,5 tahun (Sumber: dokpri dengan persetujuan orang tua)
Selain itu, peran orang tua juga sebagai contoh untuk anak-anak dalam pendidikan termasuk mengajarkan sholat. Dalam konteks ini, mengajarkan anak-anak tentang sholat merupakan bagian penting dari pendidikan Islam yang harus diberikan oleh orang tua kepada anak. Orang tua harus menjadi contoh yang baik bagi anak-anak mereka dalam menjalankan ibadah sholat.

Rasulullah SAW juga menyampaikan: "Setiap anak lahir dalam keadaan fitrah. Orang tuanya lah yang menjadikannya seorang Yahudi, seorang Nashrani, atau seorang Majusi ...."(HR. Bukhari)


Dari hadis tersebut, dapat dipahami bahwa anak-anak dilahirkan dengan naluri yang baik, dan tugas orang tua adalah untuk membimbing mereka, termasuk dalam hal ibadah sholat.

Mengajarkan anak-anak tentang sholat sejak dini memiliki implikasi yang amat besar dalam pembentukan karakter dan identitas mereka. Dengan merujuk pada sumber-sumber hukum Islam tersebut, diharapkan orang tua, pengajar, dan komunitas Islam dapat memahami pentingnya tugas ini dan bertanggung jawab secara aktif dalam mendidik generasi mendatang agar menjadi muslim dan muslimah yang taat dan bertakwa.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Parenting Selengkapnya
Lihat Parenting Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun