Mohon tunggu...
Thomson Cyrus
Thomson Cyrus Mohon Tunggu... Wiraswasta - Wiraswasta, blogger, vlogger

Tetap Semangat Indonesia, Kerja Keras dan Harus Optimis Email : thomson.cyrus@yahoo.com

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan Pilihan

Visi Tapanuli Utara sebagai Lumbung Pangan Terus Dibenahi Bupati Nikson Nababan

21 Agustus 2021   07:27 Diperbarui: 21 Agustus 2021   07:31 198 6 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Visi Tapanuli Utara sebagai Lumbung Pangan Terus Dibenahi Bupati Nikson Nababan
Sumber foto: Facebook/KRA.Drs Nikson Nababan MSi

Sejak awal memimpin Tapanuli Utara, Nikson Nababan sudah mencanangkan Tapanuli Utara sebagai Lumbung Pangan di Sumatera Utara. Itu sebabnya,Bupati Nikson Nababan langsung focus membangun infrastruktur jalan, jembatan dan irigasi di Tapanuli Utara. Beratnya medan di Tapanuli Utara yang memang topografi lahannya di dominasi pegunungan dan lembah menjadi tantangan tersendiri bagi Bupati Nikson Nababan.

Karena Topografi Tapanuli Utara yang banyak di dominasi perbukitan dan lembah, membutuhkan biaya yang besar untuk membangun infrastruktur jalan, jembatan dan irigasi. Itu salah satu penyebab daerah Tapanuli Utara selama ini masih tertinggal infrastruktur jalan, jembatan dan irigasinya, bahkan infrastruktur listriknya di waktu yang lalu masih banyak yang belum teraliri listrik tetapi sekarang sudah hampir semua terang benderang (tinggal beberapa titik lagi, tahun ini direncanakan tuntas semua).

Bupati Nikson Nababan sadar, bila ingin memajukan pertanian, infrastruktur jalan dan irigasi harus bagus dan layak. Tujuannya agar daerah-daerah pertanian aksesnya mudah dijangkau oleh alat transportasi. Bila daerah-daerah pertanian bisa di akses alat transportasi dengan mudah, tentu hasil-hasil pertanian lebih mudah diangkut ke daerah daerah perkotaan sebagai user (pengguna) hasil-hasil pertanian. Bila hasil pertanian mudah dijangkau alat transportasi diharapkan harga komoditi pertanian di tingkat petani meningkat. Bila harga ditingkat petani lebih baik, maka otomatis pendapatan dan kesejahteraan petani bisa lebih baik dan meningkat.

Inilah yang dikerjakan oleh Bupati Nikson Nababan selama tujuh (7) tahun kepemimpinannya. Kampung-kampung terisolasi di buka akses jalan baru dengan alat-alat berat milik pemkab. Jalan-jalan menuju daerah-daerah pertanian dikoneksikan dari satu desa ke desa lain, dari satu kecamatan ke kecamatan lain bahkan akses baru menuju kabupaten baru di buka dan jalan yang sudah terbuka ditingkatkan kualitas jalannya menjadi jalan hotmix sehingga hampir semua daerah kini sudah terbuka.

jalan-usahatani-taput-2-612046f706310e16a264c9a2.jpg
jalan-usahatani-taput-2-612046f706310e16a264c9a2.jpg

sumber foto: Facebook/KRA.Drs.Nikson Nababan Msi

Sejak tahun 2014 hingga tahun 2020, data yang sudah tercatat ada pembangunan jalan hotmix sepanjang 289,45 km, Lapen 321,80 km, Rabat Beton 567,34 km, Telford 882,37 dan jembatan sebanyak 81 unit. Pembangunan jalan ini kebanyakan diarahkan ke desa-desa.

Bila kita telusuri kini Tapanuli Utara sudah banyak perubahan infrastruktur jalan dan jembatannya. Prinsip dari Bupati Nikson Nababan adalah memajukan desa dan kampung-kampung, "Desa Maju, Kota Maju, Desa Maju, Indonesia Kuat". Nah, ciri khas desa maju itu ya terbuka akses jalan, listrik masuk desa, otomatis pertanian meningkat, kesehatan dan pendidikan mudah terjangkau ke perkotaan.

Dalam memajukan desa-desa di Tapanuli Utara, Bupati Nikson Nababan bahkan memerintahkan Dinas Pertanian untuk membuka lahan-lahan tidur yang selama ini tidak produktif. Dinas pertanian memberikan pengolahan lahan gratis kepada petani. Menurut Kepala Dinas Pertanian Tapanuli Utara, Bpk Sey Pasaribu, dari tahun 2014 hingga tahun 2020, lahan masyarakat untuk pertanian telah dikerjakan secara gratis oleh Dinas Pertanian Taput seluas 3.948 hektar. Syaratnya adalah Masyarakat cukup memberikan pengajuan lahan yang mau di buka dan komoditi apa yang mau ditanam kepada PPL, lahan-lahan itu pasti di olah sebanyak 2 kali hingga layak tanam oleh petani. Bahkan Bupati Nikson Nababan berulangkali mengatakan bila PPL tidak memberikan tanggapan atas pengajuan itu, bisa langsung diajukan kepada Bupati secara langsung. Nomor kontak Bupati terbuka untuk umum, bila tidak punya, bisa langsung mengadu lewat media social yang dimiliki oleh Bupati sendiri.

jalan-usahatani-taput-3-6120471306310e10f67c1cb2.jpg
jalan-usahatani-taput-3-6120471306310e10f67c1cb2.jpg

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan