Mohon tunggu...
Thomson Cyrus
Thomson Cyrus Mohon Tunggu... Wiraswasta, blogger, vlogger

Tetap Semangat Indonesia, Kerja Keras dan Harus Optimis Email : thomson.cyrus@yahoo.com

Selanjutnya

Tutup

Transportasi Pilihan

Jalan Pangombusan-Lumban Gurning, Toba Telah Selesai Diperbaiki Toba Pulp Lestari

5 April 2021   07:20 Diperbarui: 5 April 2021   07:24 84 4 0 Mohon Tunggu...

Banyak sekali jalan yang rusak di Kabupaten Toba yang perlu diperbaiki, terutama jalan dan akses utama kegiatan masyarakat. Salah satu yang dikeluhkan masyarakat selama ini adalah Jalan Provinsi dari Siraituruk menuju Sosor Ladang Parmaksian Kabupaten Toba. Meski jalan ini sudah masuk jalan provinsi, tetapi yang biasanya melakukan perbaikan dan perawatan adalah PT Toba Pulp Lestari Tbk karena logistic pengangkutan barang PT Toba Pulp Lestari menggunakan jalan ini sehari-hari.

Dalam 2 tahun terakhir, sebagaimana disebutkan oleh Pak Sitorus, Warga Desa Tangga  Batu II, Jalan yang melewati desa mereka sudah rusak dengan lubang yang besar-besar sehingga dapat membahayakan pengguna jalan. Pak Sitorus merasa senang jalan ini sudah diperbaiki oleh PT Toba Pulp Lestari Tbk.

Sebagaimana saya pantau selama bulan maret 2021, sedang terjadi perbaikan dan pembangunan jalan Dari perbatasan Desa Pangombusan Kecamatan Parmaksian Toba, tepatnya persis mulai dari belakang gereja HKBP Pangombusan menuju arah ke Siraituruk tepatnya hingga desa Lumban Gurning Kecamatan Porsea.

Menurut Bapak Rudi Sibarani, kontraktor yang mengerjakan perbaikan jalan ini. Panjang pekerjaan perbaikan jalan adalah 2.016 meter dengan lebar 6 meter dengan ketebalan 10 cm aspal hotmix dengan pagu anggaran sebesar Rp 4.942.000.000,- yang direncanakan selama 3 minggu pekerjaan pengaspalan hotmix hingga pemasangan sertu. Bapak Rudi Sibarani menambahkan dengan kualitas pekerjaan seperti ini diharapkan jalan bisa bertahan lebih lama. Adapun pembiayaan perbaikan jalan ini di danai oleh PT Toba Pulp Lestari Tbk.

Sebagaimana beberapa kali saya pantau pengerjaan jalan ini berlangsung dengan baik, cuaca sangat mendukung. Masyarakat sekitar proyek pembangunan juga mendukung dan merasa senang dengan perbaikan jalan ini sehingga tidak ada gangguan social yang dihadapi oleh kontraktor selaku pelaksana proyek perbaikan jalan.

Menurut Bapak Rudi Panjaitan (Pihak PT Toba Pulp Lestari Tbk), perbaikan jalan merupakan aktifitas aktif perusahaan untuk terus berkontribusi dalam meningkatkan infrastruktur yang baik sebagaimana komitmen perusahaan untuk terus hadir dan berkontribusi dalam pembangunan daerah di mana perusahaan beroperasi.

Rudi Panjaitan berharap dengan perbaikan jalan ini, masyarakat semakin nyaman dalam beraktifitas sehari-hari dan dapat meningkatkan produktifitas masyarakat sekitar dengan semakin baiknya infrastruktur jalan sebagai satu-satunya akses utama masyarakat disekitar proyek berjalan.

dokpri
dokpri
Dari hasil pemantauan saya tanggal 31 maret 2021, perbaikan jalan ini sudah selesai dilaksanakan dan hasilnya bagus. Infrastruktur jalan yang baik tentu akan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat langsung ataupun tidak langsung. Hasil dari perbaikan jalan ini sungguh berbeda dengan keadaan sebelum di perbaiki. Tanggal 31 maret kemarin saya melihat jalan sudah dalam kondisi mulus dan tentu enak digunakan saat berkendara.

Salam kompasiana.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x