Mohon tunggu...
Thomson Cyrus
Thomson Cyrus Mohon Tunggu... Wiraswasta, blogger, vlogger

Tetap Semangat Indonesia, Kerja Keras dan Harus Optimis Email : thomson.cyrus@yahoo.com

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan Pilihan

Adian Napitupulu Tak Bisa Tolak Penugasan Presiden Jokowi, Ini Posisi yang Cocok Untuknya

18 Oktober 2019   09:51 Diperbarui: 18 Oktober 2019   14:23 10926 14 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Adian Napitupulu Tak Bisa Tolak Penugasan Presiden Jokowi, Ini Posisi yang Cocok Untuknya
Adian Napitupulu dan Jokowi. ©2014 merdeka.com/istimewa

Jika ada tokoh yang berani terbuka dan mengatakan sudah ditawari Menteri oleh Presiden Jokowi, itu adalah Adian Napitupulu. Dan Adian sendiri yang mengaku bertemu dengan Presiden Jokowi sekitar Agustus 2019 yang lalu, sebagaimana saya kutip dari merdeka.com

"Sudah (bertemu dengan Jokowi). Diminta jadi menteri, dan saya 4 kali bilang, ampun Pak Presiden saya tidak punya talenta jadi birokrat, saya tidak punya talenta jadi menteri, begitu saja," kata Adian saat ditemui di Denpasar, Bali, Sabtu (21/9) sore.

Saat ditanya diminta menjadi menteri di bidang apa, Adian mengatakan bahwa pembicaraan belum sampai ke posisi. Ia hanya mengatakan, bahwa dirinya mendukung Jokowi tidak untuk mendapatkan jabatan.

"Belum bicara posisi (Menteri). Saya berjuang habis-habisan buat Jokowi tidak untuk jabatan. Tapi untuk Indonesia lebih baik, itu saja. Jadi saya tidak mengejar jabatan," katanya.

Dan tak banyak orang yang meragukan pengakuan ini, mengingat bagaimana Adian Napitupulu habis-habisan, berada di garda terdepan untuk memenangkan Jokowi-Maruf Amin. Pun, kita melihat bagaimana kedekatannya selama ini dengan Presiden Jokowi.

Meski demikian, sekalipun Adian Napitupulu mengatakan dalam pertemuan itu hingga sampai 4 kali memberikan kata penolakan dan tidak memiliki talenta untuk mengurus birokrasi. Hal seperti itu tidak berlaku bagi seorang Jokowi. 

Kita memiliki misalnya pengakuan Menteri yang juga pernah menolak tawaran Jokowi di saat pertama misalnya, tetapi dengan pendekatan yang dimiliki Jokowi dengan tujuan untuk Indonesia Hebat dan Indonesia Maju, maka tak ada yang mampu menolak tawaran Jokowi. 

Sebutlah misalnya pengakuan Rizal Ramli yang juga pernah berkata, saat pertama diminta untuk menjabat Menteri, Rizal Ramli juga menolak, tetapi pada akhirnya mau. 

Bu Susi Pudjiastuti juga dengan segala kontroversinya awalnya keberatan seperti alasan yang diungkapkan Adian Napitupulu, Susi juga mengaku bukan orang sekolahan dan tidak punya pengalaman birokrasi. Tetapi pada akhirnya, justru Susi Pudjiastuti berprestasi sebagai Menteri KKP bahkan sangat dicintai oleh masyarakat.

Setali tiga uang, penemuan Jokowi terhadap talenta dan kemampuan Susi Pudjiastuti sepertinya akan kembali terulang dalam diri Adian Napitupulu.

Adian Yunus Yusak Napitupulu, demikian namanya panjangnya, meski dia orang Batak, dia terlahir di Manado, 09 Januari 1971. Kuliah di Universitas Kristen Indonesia. Ibunya sepertinya Jawa dan memiliki istri Manado kalau tidak salah. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x