Mohon tunggu...
Thomson Cyrus
Thomson Cyrus Mohon Tunggu... Wiraswasta, blogger, vlogger

Tetap Semangat Indonesia, Kerja Keras dan Harus Optimis Email : thomson.cyrus@yahoo.com

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Siapa Sebenarnya di Belakang Budi Gunawan?

8 September 2016   14:02 Diperbarui: 8 September 2016   14:16 0 14 9 Mohon Tunggu...
Siapa Sebenarnya di Belakang Budi Gunawan?
sumber gambar : Reuters

Hari ini, lewat paripurna DPR Komjen (Pol) Budi Gunawan, resmi mendapatkan persetujuan dari DPR RI disetujui sebagai KaBIN yang baru untuk menggantikan Sutiyoso. Kemarin lewat fit n proper test di komisi I DPR, BG dinyatakan layak dan lulus sebagai calon KaBIN.

Yang menarik sebenarnya adalah pertanyaan, siapa di belakang BG hingga BG begitu di percaya Presiden Jokowi untuk memegang posisi penting dan strategis bagi pemerintahan Jokowi JK. Atau pertanyaan lainnya, seberapa hebat prestasi BG? Atau seberapa pintar dan profesionalnya BG.

Dalam laporan yang dikeluarkan majalah Tempo, BG adalah salah satu Jenderal pemegang rekening gendut di tahun 2010...dan itulah salah satu jalan KPK untuk menyidik dan memeriksa kebenaran rekening gendut BG hingga pernah ditetapkan KPK sebagai tersangka korupsi di jaman Abraham Samad dan Bambang Widjayanto. Dan kasus ini pula yang menggagalkan BG sebagai Kapolri saat itu.

Jika kita masuk menelusuri lebih dalam, maka semakin menarik jika kita melihat fakta bahwa saat kasus penetapan KPK kepada Komjen BG sebagai tersangka, dalam perkembangan selanjutnya...Abraham Samad dan Bambang Widjayanto lah yang terpental dari pimpinan KPK.

Iya...BG tidak jadi sebagai Kapolri, karena Presiden Jokowi kemudian mengangkat Badrodin Haiti untuk menjadi Kapolri, tetapi tidak lama sesudah itu, BG diangkat menjadi Wakapolri hingga saat ini.

Saat Badrodin Haiti memasuki masa pensiun, nama BG kemudian muncul kembali menjadi calon Kapolri. DPR sangat mendukungnya. Tetapi kemudian Presiden Jokowi kemudian malah menyodorkan Tito Karnavian menjadi calon tunggal Kapolri. 

Tetapi sayup sayup terdengar, BG akan diangkat menjadi KaBIN menggantikan Sutiyoso...penunjukkan Tito Karnavian pun berjalan mulus di proses DPR.

Sayup sayup yang terdengar itu, ternyata bukan hanya isapan jempol semata, sehari sebelum lawatannya ke Tiongkok untuk menghadiri Pertemuan Pemimpin G20, Presiden Jokowi mengutus Menteri Sekretaris Negara ke DPR untuk mengantarkan surat permintaan persetujuan pengangkatan Komjen BG menjadi KaBIN yang baru sekaligus memberhentikan Sutiyoso.

DPR pun bersuara bulat dan tidak ada riak riak akan proses BG menjadi KaBIN.

Mungkinkah KPK menjadikannya lagi tersangka sebelum Presiden Jokowi melantiknya menjadi KaBIN yang baru?

Orang berpendapat, Megawatilah yang berada di belakang kekuatan BG itu. Tetapi apa iya?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x