Mohon tunggu...
Money

Inspiratifnya Blogshop JNE

30 Juni 2015   09:45 Diperbarui: 30 Juni 2015   09:45 31
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

 

Beberapa waktu lalu, tepatnya pada tanggal 27 Mei 2015 saya mengikuti  -untuk pertama kalinya- kegiatan Kompasiana. Meski sudah lama jadi silent reader Kompasiana, akhirnya saya memberanikan diri untuk turut buka suara. Lewat tulisan tentunya. Pada tanggal itu, saya ikut menjadi peserta Blogshop hasil kerjasama JNE-Kompasiana dan untuk tulisan pertama saya, saya ingin jajal menulis reportase ala warga.

Di undangan, acara dimulai pukul 2 Siang, karena rumah saya yang terletak agak jauh dari UNIMED harus berangkat satu jam sebelum registrasi ulang dibuka. Perjalanan dari Tanjung Morowa saya putuskan untuk melewati tol Balmera, dari tol Balmera saya langsung bergegas ke Jl. Wilem dan memutari Universitas Negeri Medan untuk bisa mengakses pintu samping menuju Digital Library –gedung yang diinfokan oleh tim Kompasiana menjadi tempat diselenggarakannya Blogshop.

Tak disangka-sangka saya sampai 20 menit lebih cepat dari perkiraan, akhirnya saya putuskan untuk duduk di taman depan sebelum naik lift menuju lantai atas aula rapat dekan yang dijadikan ruang blogshop.

Usai menghabiskan waktu dengan melihat-lihat bougenville di area depan Digital Library, saya bergegas masuk dan naik lift.  Begitu sampai di depan area pendaftaran, ternyata mahasiswa UNIMED sudah mengular untuk mengisi registrasi. Sambil menunggu meja registrasi sepi, saya menepi dan mencicipi berbagai oleh-oleh dari tanah Jawa. Ada bakpia dari Jogjakarta, permen-permen, dan beberapa panganan khas pulau bali.

Agak bingung karena disajikan begitu banyak makanan (yang mbak penjaga sebut sebagai “tester”) akhirnya karena penasaran, saya pun bertanya pada salah satu panitia tentang kue-kue ini. “Iya, ini salah satu produk layanan dari JNE, namanya PESONA. Mas bisa cicipi oleh-oleh dari banyak tempat dengan memesan langsung lewat PESONA.” Kala itu saya agak sedikit mengangkat alis. Seru juga kalau bisa pesan sambal dari Jawa sana, pikir saya.  


Pesona Nusantara ternyata singkatan untuk Pesanan oleh-oleh Nusantara. Teman-teman bisa memesan Brownies Amanda, Molen Pisang Keju dari Bandung, Bandeng duri lunak dari Semarang dan Pempek Candy khas Palembang. Untuk kawan yang di pulau Jawa, kamu bisa juga pesan Bolu Meranti dan Bika Ambon Zulaikha khas kota saya lewat JNE.

Setelah puas mencicipi beberapa oleh-oleh, saya maju dan registrasi ulang. Saya duduk di barisan 3 paling belakang, yang setelah itu saya sesali karena bangku ruang dekan UNIMED besar jadi tak terlihat pembicara di depan.

Acara Blogshop dibuka dengan Ice Breaking oleh MC. Kami disuruh berdiri dan menarikan tarian bebek bersama. Saat menari, ruangan terdengar riuh, penuh tawa dari mahasiswa dan Kompasianer yang geli dengan gerakan mereka sendiri. Bahkan pak Iskandar, pengelola Kompasiana dengan semangat menarikan tarian itu. Usai Ice breaking, kami memulai acara dengan sambutan dari pihak kampus dan perwakilan himpunan mahasiswa ekonomi UNIMED.

Hari itu blogshop diisi dengan materi dari Wahyu Aditya perwakilan Hellomotion, Iskandar Zulkarnaen sebagai Assistant Manager Kompasiana, dan Ridhatullah Hambalillah selaku Head of Corporate Communication JNE. Kami diberi materi seputar industri kreatif –khususnya bidang desaign- oleh Wahyu Aditya, kami suguhi cerita inspiratif tentang bagaimana Bang Aditya mengawali karirnya sebagai kreator animasi. Berawal dari desain pengukur tinggi badan, seragam olahraga hingga akhirnya ia mendirikan akademi animasi. Selain Bang Aditya, ada pula perwakilan Kompasiana, Iskandar Zulkarnaen yang menyampaikan materinya. Kami diberi insight tentang dunia tulis-menulis dalam berwirausaha, bagaimana triknya menulis agar promosi produk tidak boring dan lain-lain. Sedangkan dari narasumber perwakilan JNE, saya mendapat wawasan dan pengetahuan baru tentang usaha logistik dan betapa JNE sudah menjadi perusahaan yang berhasil melayani massyarakat dengan baik sejak didirikan. Slide demi slide yang disampaikan oleh Pak Ridhatullah Hambalillah telah menginspirasi saya untuk membuka usaha online sendiri.

Setiap materi disampaikan dengan baik dan penuh inspirasi. Sebagai perusahaan Logistik, JNE telah membuat langkah tepat dengan mengadakan Blogshop dan menjaring para calon wirausahawan kreatif di universitas-universitas, khususnya UNIMED. Sayang Kompasiana jarang mengadakan kegiatan di Medan, jadi saya jarang bisa punya kesempatan menimba ilmu seputar Blogshop.

 

Ini kali ke 3 saya coba ubah status publish, semoga tidak error lagi. shaloom.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun