Mohon tunggu...
Theresia Dewi Ayu Pramesti
Theresia Dewi Ayu Pramesti Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hobi membaca buku, mendengarkan lagu, menonton, merakit barang dan puzzle. Tidak terlalu nyaman dengan keramaian dan lingkungan baru, suka belajar atau mengeksplor hal-hal baru.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Jalan Setapak

9 Desember 2022   02:06 Diperbarui: 9 Desember 2022   02:25 101
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Sebagai salah satu syarat dalam memenuhi tugas mandiri PKN, saya mengikut Gladi Hominisasi. Sebelumnya, terdapat tugas pra gladi yang harus diselesaikan. Tugas-tugas berikut diantaranya adalah menemukan bagian menarik dari lagu Indonesia Raya 3 stanza dan maknanya, selain itu, menemukan hal menarik dari film dokumenter berjudul "Tenggelamnya Surga di Utara Jakarta". Saat pelaksanaan gladi, peserta dibagi kedalam beberapa kelompok, dimana tiap kelompok mendapatkan tema yang berbeda-beda. Kemudian, tema yang telah ditentukan akan dipresentasikan dengan cara sekreatif mungkin oleh tiap kelompok. Selain itu, hal-hal yang dibahas dalam gladi adalah seputar Indonesia, Nasionalisme, dan juga UNPAR.

Dari gladi yang telah saya laksanakan, saya merasa bahwa rasa nasionalisme saya bertamabah. Selain itu, gladi ini juga membantu saya dalam public speaking, dimana hal ini saya rasakan ketika melakukan diskusi bersama anggota kelompok dan juga pada saat presentasi kelompok. Saya menyadari bahwa masih terdapat banyak kekurangan dalam diri saya pada saat presentasi karena kurangnya ekspresi dan juga cara saya menyampaikan materi karena kurang menguasai materi.

Sebagai warga negara yang baik dan juga berpendidikan, kita telah diajarkan untuk berpikir kritis dan juga menggunakan logika, agar dapat menempatkan diri dan bersikap dengan tepat ditengah masyarakat. Bahasa juga memiliki peran penting dalam menjalin hubungan sesama masyarakat. Karena dengan adanya bahasa kita dapat saling mengerti dalam berkomunikasi dan dapat menyampaikan aspirasi kepada sesama.

Hal yang saya dapatkan setelah mengikuti gladi Hominisasi adalah bagaimana cara kita menempatkan diri kita, mementingkan diri kita dan juga sesama kita didalam suatu dinamika, karena dengan begitu kita akan mendapatkan hasil yang diinginkan bersama. Selain itu juga saya belajar untuk tetap berusaha dan juga penguasaan materi dalam cara penyampaian gagasan.

Dalam perjalanan kuliah, hal-hal seperti penyampaian gagasan berdasarkan logika, dan juga tata bahasa yang digunakan, pastinya akan membantu saya ketika sedang melakukan sebuah diskusi ataupun pada saat pembuatan essay. Di dunia kuliah, kita juga bertemu dengan banyak orang dengan banyak kepribadian, maka dari itu kita juga harus mau belajar untuk mengerti dan menghargai satu sama lain. Tapi yang pastinya, kita juga harus bisa mengenal dan menghargai diri kita sendiri.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun