Mohon tunggu...
Theresia Iin Assenheimer
Theresia Iin Assenheimer Mohon Tunggu... Lainnya - Ibu dari dua putra

Belajar menulis

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Artikel Utama

Petani di Kampungku, Dietzenbach Jerman dan Erntedankfest

23 Juni 2022   20:49 Diperbarui: 24 Juni 2022   10:23 854 54 18
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Erntedankfest, perayaan syukur atas panen. Foto Einert

Petani dan pertanian di Dietzenbach 

Kami tinggal di Dietzenbach, suatu kota kecil 15 kilometer dari kota Frankfurt.  Daerah tempat tinggal kami bukan daerah pertanian, tetapi lebih sebagai daerah industri.  Meskipun demikian masih ada satu dua petani di daerah kami. 

Berikut saya ingin bercerita sedikit tentang petani di daerah kami.

Seperti di Indonesia, jumlah petani di Jerman juga semakin menyusut. Menurut sejarah dulu Jerman juga negri agraris tetapi saat ini tinggal 2 persen penduduknya sebagai petani.  Tahun 1950 an masih 24 persen ,  bahkan menurut statistik tahun 2017, tinggal 1,4 persen penduduk Jerman berprofesi sebagai petani.

Tidak heran bila jumlah petani menyusut tajam sekali. Seperti di tanah air pekerjaan sebagai petani tidak atraktiv untuk orang muda saat ini.

Pekerjaan yang berat dan tidak mengenal hari libur merupakan salah satu penyebab ketidak atraktivan profesi sebagai petani ini.

Disconter atau supermarket yang menekan harga hasil pertanian semurah mungkin  menjadi salah satu penyebab semakin rendahnya pendapatan petani dan masih banyak penyebab lain lagi.

Bauer Knecht dan Bauer Kunz

Di  kampungku Dietzenbach seluas 21,67 kilometer persegi dengan jumlah penduduk 34.517 jiwa. Dari jumlah penduduk dan luas kampung kami, hanya ada dua orang saja yang berprofesi sebagai petani.
Nama petani di kampungku tersebut Herr Knecht dan Herr Kunz.  Dua orang tersebut  yang memiliki profesi sebagai petani.

Herr Knecht terkenal dengan pertanian buah - buahannya, terutama Beeren. Kalau diterjemahkan dalam bahasa Indonesia Beeren atau beri. 

Buah- buah tersebut, misalnya Erbeer  atau stroberi , Hembeere atau frambos, Brombeere atau blackberry, Johannisbeer atau kismis, Stachelbeere atau gooseberry. Sedangkan Herr Kunz petani Asparagus atau Spargel.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan