Mohon tunggu...
therealkhana
therealkhana Mohon Tunggu... Administrasi - Menulis menyenangkan diri sendiri dan bermanfaat bagi orang lain

Seorang Penulis Buku Solo "Fika", "Tantangan Menjadi Orang Tua di Masa Pandemi", dan buku puisi "Bulan di Langit Biru"

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Ketika Berhenti Total Dirasa Sulit

30 Maret 2024   06:16 Diperbarui: 30 Maret 2024   06:46 57
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: https: www.pexels.com/Pixabay

Bulan Ramadan merupakan saat yang tepat untuk merecharge diri. Momen yang pas untuk berbenah. Sebab tersedia lautan pahala untuk ditimba sebanyak-banyaknya.

Beberapa hal yang sebaiknya dikurangi supaya berkah ibadah kita selama bulan ini tidak banyak terkuras, salah satunya dengan membatasi diri. Mengurangi melakukan hal-hal yang berpotensi akan menimbulkan dampak negatif sebaiknya menjadi perhatian. Salah satunya berselancar di media sosial

Media sosial merupakan sarana bersosialisasi satu sama lain melalui media online. Tersedia wahana yang luasnya tak berbatas. Yang bisa melihat postingan kita tidak hanya orang yang kita kenal secara personal melainkan juga siapa saja. Komentar bisa datang dan pergi sering kali bahkan tanpa bisa dibatasi. Oleh karena itu, perlu ada penyaring supaya media sosial bisa memberikan kebermanfaatan yang lebih dibandingkan dengan efek buruk. 

Di bulan Ramadan ini, kita perlu mengencangkan ikat pinggang. Lebih selektif dalam memilah apa yang hendak kita akses menjadi lebih bijak dilakukan saat ini. Apabila tidak memungkinkan berhenti total, kita bisa melakukan upaya meminimalisir risiko berkurangnya nilai pahala ibadah kita di bulan puasa, antara lain dengan cara sebagai berikut.

1. Selektif memilih konten yang ingin dilihat


Kita mungkin tidak bisa serta merta menyortir apa yang tampil pada halaman depan media sosial kita. Beragam postingan dari teman-teman maupun kerabat terpampang di sana. Akan tetapi, tidak semua postingan perlu kita baca detail satu per satu. Kita bisa memilih untuk fokus pada postingan yang bermanfaat saja dan meningkatkan yang sekiranya banyak mengandung konten negatif.

2. Kurangi waktu bermedia sosial

Apabila selama ini tiada jam tanpa mengakses media sosial, kita bisa coba menguranginya di bulan Ramadan ini. Manfaatkan waktu-waktu berharga selama bulan Ramadan untuk memperbanyak ibadah dan melakukan hal positif. Perbanyak waktu kumpul bersama keluarga untuk lebih saling mendekatkan diri, serta membuka diri untuk lebih saling berempati apabila ada teman-teman atau sanak saudara yang sedang mengalami kesulitan.

3. Gunakan untuk hal yang lebih bermanfaat

Banyak hal positif yang bisa kita ambil dari media sosial. Selektif bukan berarti harus berhenti total. Sering kali informasi-informasi baru yang bermanfaat bisa kita dapatkan dari postingan teman-teman di media sosial. Sharing tersebut bisa kita gunakan untuk meningkatkan kualitas diri dan menambah pengetahuan di bulan Ramadan ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun