Mohon tunggu...
Grace Paramesti
Grace Paramesti Mohon Tunggu... Mahasiswa S1 Ilmu Komunikasi

Yogyakarta

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Presentasi di Depan Kelas? Siapa Takut!

25 November 2020   20:21 Diperbarui: 25 November 2020   20:59 26 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Presentasi di Depan Kelas? Siapa Takut!
utakatikotak.com

Komunikasi merupakan salah satu hal yang akan kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Lalu yang dimaksud komunikasi adalah proses penyampain pesan oleh seseorang atau sekelompok orang kepada orang lain atau kelompok lain. Seseorang yang menyampaikan pesan atau message dapat disebut sebagai sender dan orang yang menerima pesan dapat sisebut sebagai receiver. Komunikasi dapat dilakukan oleh satu orang yang bisa disebut sebagai monolog dan dengan dua orang atau lebih yang bisa disebut dialog. 

Komunikasi tidak hanya merupakan penyampaian pesan yang disampaikan melalui kata-kta atau yang biasa disebut dengan komunikasi verbal, namun juga bisa melalui gestur, gerak gerik tubuh, ekspresi wajah, dan lain sebagainya. Hal tersebut merupakan komunikasi non verbal. Komunikasi non verbal juga bisa digunakan untuk mendukung komunikasi verbal dalam penyampaian suatu pesan. 

Komunikasi verbal dan non verbal memiliki hibungan yang saling berkaitan. Karena kedua bentuk komunikasi tersebut dapat mendukung keberhasilan dari penyampaian suatu pesan. 

Pada saat seseorang melakukan presentasi di depan kelas untuk menyampaikan suatu pesan atau materi di depan banyak orang, tidak jarang merasa gugup dan bingung sebaiknya bersikap seperti apa pada saat presentasi. Mungkin masih banyak dari kita yang belum memahami pentingnya komunikasi non verbal pada saatkita melakukan presentasi. Padahal, ternyata komunikasi non verbal bisa menjadi pendukung keberhasilan presentasi tersebut. 

Nah, berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk melakukan presentasi dengan baik : 

1. Pahami materi yang akan disampaikan dengan baik. 

2. Tenangkan pikiran agar kita bisa rileks pada saat menyampaikan materi. 

3. Perhatikan hal- hal pendukung dalam melakukan presentasi. 

4. Beranikan untuk menatap mata audience pada saat presentasi. 

5. Jangan lupa untuk menggunakan komuniksi non verbal seperti ekspresi wajah dan gerakan tangan untuk mendukung penyampaian

Itu tadi beberapa tips untuk melakukan presentasi di depan kelas agar kita bisa melakukan presentasi dengan baik. Pada saat kita menyampaikan presentasi dengan memperhatikan gerakan tangan dan juga ekspresi wajah pada saat presentasi, akan berpengaruh kepada bagaimana audience akan menerima pesan yang kita sampaikan. Misalnya jika kita melakukan presentasi dengan ekspresi wajah yang ceria dan menyenangkan maka audience akan dengan semangat mendengarkan presentasi yang kita sampaikan. 

VIDEO PILIHAN