Mohon tunggu...
Ragu Theodolfi
Ragu Theodolfi Mohon Tunggu... Dosen - Penikmat seni, pencinta keindahan

Happiness never decreases by being shared

Selanjutnya

Tutup

Travel Artikel Utama

Manjakan Dirimu di Sumba Barat

30 September 2021   16:32 Diperbarui: 11 Oktober 2021   02:01 677 45 17
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pantai Watu Bela, salah satu destinasi wisata di Sumba Barat yang asri (dokpri)

Sumba Barat dengan ibukotanya Waikabubak, adalah salah satu Kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Terletak pada ketinggian 485 meter dari permukaan laut, suhu udara di tempat ini relatif lebih sejuk dibandingkan Sumba Barat Daya, maupun Sumba Timur.

Rute tercepat untuk tiba di tempat ini, adalah melalui Bandar Udara Tambolaka, Sumba Barat Daya. Perjalanan dari Kupang, ibukota Provinsi NTT ditempuh dalam satu setengah jam dengan pesawat udara.  

Setiap hari ada dua kali penerbangan dari Kupang menuju Tambolaka, namun pastikan bahwa bagasi yang dibawa tidak berlebihan karena tidak ada 'free' bagasi dalam setiap perjalanan. Bila tidak ingin menenteng bawaan ke dalam kabin pesawat, siapkan kocek untuk membayar bagasi. 

Dari Tambolaka, perjalanan akan dilanjutkan menuju Waikabubak. Jarak tempuh lebih kurang 60 km dan ditempuh dalam waktu satu jam. Di bandara biasanya sudah tersedia mobil sewaan dengan harga yang terjangkau. Bisa disewa secara perorangan atau bergabung dengan penumpang lainnya yang memiliki arah perjalanan yang sama. 

Sepanjang perjalanan ke Sumba Barat akan disuguhkan dengan pemandangan yang menyegarkan mata. Pohon-pohon besar dan hijau berdiri kokoh sepanjang jalan, seolah mengucapkan selamat datang pada setiap orang yang melewatinya. 

Tidak usah khawatir kelaparan, karena sepanjang jalan berderet  lapak kecil penjual buah yang menawarkan aneka buah lokal yang menggiurkan. Bila Anda beruntung, dapat menikmati duren lokal atau rambutan yang manis. 

Dimana harus tinggal?

Pilihan tempat untuk tinggal selama di Sumba Barat memang terbatas, namun ada beberapa hotel yang bersih dan murah yang dapat dipertimbangkan. Hotel Manandang, terletak di tengah kota, cukup nyaman dan bersih serta pelayanannya ramah. 

Tidak jauh dari Hotel Manandang, ada hotel Pelita terletak persis di depan Polsek. Cukup mudah untuk mengakses tempat makan dari kedua hotel tersebut.  Bila Anda ingin jogging, cukup berjalan sejauh 200 meter menuju Stadion Manda Elu. 

Lebih dekat ke lokasi perkantoran, ada Hotel Morinka. Hotel ini memiliki halaman tengah yang cukup luas. Anda bisa leluasa berolahraga atau bersepeda di sana. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Selengkapnya
Lihat Travel Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan