Kuliner Pilihan

Manisnya Waroeng Semawis, Surga Kuliner Kota Semarang

8 Juni 2018   00:37 Diperbarui: 8 Juni 2018   00:47 1356 2 2
Manisnya Waroeng Semawis, Surga Kuliner Kota Semarang
Foto: exploresemarang.com

Dari anak muda hingga orang tua, pria dan wanita, beragam suku dan tempat asalnya, kegiatan wisata kuliner menjadi sebuah hobi yang disukai oleh semua kalangan, menghabiskan waktu dengan keluarga, kekasih dan kerabat dengan bersantap tentunya menjadi suasana yang mengasyikan, apalagi jika sambil berjalan menyusuri jalanan penuh dengan makanan, tentunya hati ini pun nyaman. Pengalaman tersebut didapatkan di Waroeng Semawis di Kota Semarang.

Kota Semarang yang terletak di Jawa Tengah tersebut memang memiliki tempat-tempat wisata yang menarik, seperti Lawang Sewu, Kawasan Simpang Lima dan masih banyak lagi, namun keindahan kuliner di kota ini tidak kalah dari tempat wisatanya lho, uniknya tempat kuliner Waroeng Semawis terletak di jantung pecinan Kota Semarang, awalnya Waroeng Semawis atau yang sering disebut Pasar Malam Semawis ini didirikan oleh perkumpulan "Kopi Semawis" yang merupakan Komunitas Pecinan Semarang Untuk Pariwisata, setelah diresmikanya tahun baru Imlek sebagai hari libur nasional di Indonesia.

Pasar Semawis sendiri buka dari hari Jumat -- Minggu dan dalam berbagai hari besar tertentu seperti saat perayaan tahun baru Imlek. Disini kita dapat menemukan berbagai kuliner asli Semarang lho, mulai dari makanan khas semarang Nasi ayam, Mi titee, Aneka sate, Es puter, dan berbagai kuliner khas lainya, namun Pasar Semawis juga tidak kalah kekinian seperti tempat kuliner lainya, kita dapat menemukan kuliner kekinian dalam Pasar Semawis.

Berbagai makanan yang ada di Pasar Semawis tentunya memuaskan kalian para pecinta kuliner khususnya yang ingin berlibur ke Kota Semarang, mulai dari makanan berat, makanan ringan dan berbagai minuman tersedia di Pasar Semawis, untuk lebih lanjut yuk kita lihat berbagai makanan yang ada di Pasar Semawis:

1.Nasi Ayam Semarang

Kalian pasti berpikir apa sih Nasi Ayam Semarang itu hingga menjadi salah satu makanan khas yang ada di Semarang? Nasi Ayam Semarang menggunakan nasi liwet dengan berbagai lauk seperti telur, sayur labu, dan opor ayam, selain itu kalian bisa menambahkan aneka sate yang disediakan bersama dengan Nasi Ayam Semarang tersebut.

2.Soto Ayam Semarang

Nah untuk makanan ini bagi kalian yang belum pernah coba, wajib untuk menyicipi Soto Ayam khas Semarang, terlihat sederhana namun lezat hingga tak bisa berkata-kata, itulah reaksi ketika menyantap Soto khas Semarang ini, paduan kaldu ayam dan nasi serta tauge dan potongan ayam membuat malam hari kalian menjadi hangat. Tentunya kalian dapat menikmati aneka gorengan dan sate yang disajikan bersama dengan semangkuk Soto khas Semarang tersebut.

3. Pisang Plenet

Serupa namun tak sama, itulah hal terlintas ketika melihat Pisang Plenet dan pisang bakar lainya, pisang dipanggang dan ditekan hingga berbentuk pipih hingga menghasilkan tekstur yang unik, kemudian disajikan dengan beberapa topping yang dapat kalian pilih sesuai selera, seperti coklat, keju atau bahkan coklat dan keju secara bersamaan. Makanan ini dapat kalian nikmati sambil menyusuri jalanan Pasar Semawis, wah mengasyikan ya.

4.Mi Cool

Apa jadinya jika es campur berbentuk layaknya mie? Aneh atau unik? Ya, hal ini dapat kalian temukan di Pasar Semawis, Mie cool merupakan hidangan penutup yaitu es jelly namun memiliki bentuk dan sajian layaknya kalian menyantap mie, wah membingungkan ya, namun cita rasa yang dimiliki dari Mie cool tentunya menyegarkan dan nikmat apalagi setelah menyantap hidangan berat. Dengan Jelly berbentuk mie dan berbagai buah-buahan tentunya membuat kamu penasaran selagi menyantapnya.

5.Es Puter Cong Lik

Berbeda dari Es lainya, Es puter dinamakan demikian karena memiliki proses yang cukup unik saat membuat es tersebut, tidak sekedar membekukan bahan esnya, es puter memiliki cara dengan memutar susu dan berbagai bahan lainya didalam kontainer yang dikelilingi oleh es batu dan garam, dengan putaran yang cepat maka secara seketika es tersebut jadi dan siap untuk disantap, tentunya dengan menggunakan berbagai topping untuk menemani cita rasa es puter.

Sebenarnya masih banyak kuliner dan hidangan yang dapat kamu temukan di Pasar Semawis Semarang, alangkah baiknya jika kalian langsung saja berkunjung untuk menyantap berbagai kuliner yang ada di Pasar Malam tersebut. Menikmati kuliner dengan suasanya yang mengasyikan tentunya menjadi hiburan yang pas bagi kalian yang ingin berlibur dan menikmati akhir pekan di Kota Semarang.

The, Indra Lesmana Sutejo / 915150119